PRJ Pekan Raya Jakarta Sejarah Festival Jakarta

Jakarta Fair BATIQA Hotels
Pekan Raya  Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair adalah acara yang selalu ditunggu warga DKI Jakarta setiap tahunnya. PRJ adalah ajang pameran terbesar se-Asia Tenggara yang berlangsung selama sebulan penuh dari bulan Juni sampai bulan Juli tiap tahunnya.

PRJ pertama diadakan pertama kali pada tahun 1968 yang juga menandakan bulan ulang tahun Jakarta. acara tahunan yang telah digelar sepanjang 50 tahun kebelakang, pertama kali dibuka oleh Presiden Soeharto dengan melepas merpati pos.

Awalnya PRJ bernama Djakarta Fair, dan disingkat DJ. 

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) kala itu Syamsudi Mangan menjadi inisiator PRJ. Syamsudin yang juga dikenal dengan bisnisnya di bidang tekstil tersebut mengusukan pameran besar untuk menaikan pemasaran produk dalam negri.

Haji Mangan terinspirasi oleh acara pameran internasional yang kerap beliau ikuti saat berkunjung keluar negri. Namun sebelum melihat ide dan gagasannya terwujud beliau meninggal dunia.
Ali Sadikin yang menyambut baik mendengar gagasan Haji Mangan. Secara resmi pemerintah DKI Jakarta mengeluarkan peraturan daerah No. 8 tahun 1968 yang menetapkan bahwa PRJ adalah agenda tahunan.

Ulang tahun DKI Jakarta yang dirayakan setiap tanggal 22 Juni 2023 menjadikan PRJ sebagai salah satu acara memeriahkan bulan lahirnya Ibukota.

PRJ pertama kali digelar dikawasan Monumen Nasional (Monas). Pada tahun 1992, Jakarta Fair dipindahkan dari Monas ke Kemayoran Jakarta Pusat dengan lahan yang lebih luas. 

Pada tahun 2020 untuk pertama kalinya PRJ ditiadakan akibat pandemi Covid-19 setelah beroperasi tanpa absen tiap tahunnya.

Pekan Raya Jakarta menampilkan produk dalam negri, skala besar, menengah, kecil dan koperasi seluruh Indonesia. Secara garis besar PRJ diharapkan menjadi pembangkit semangat promosi produk dalam negri.

Berbagai produk unggulan dalam negri dipamerkan antara lain produk furniture, interior, building material, otomotif, handycraft, garment, sport & health, telekomunikasi, banking, stationary, elektronik, makanan dan minuman, mainan, fashion, jasa, dan produk-produk kreatif unggulan Indonesia.

PRJ tidak hanya menampilkan produk-produk unggulan, namun disaat ini event tersebut juga menampilkan konser musisi dan hiburan rakyat lainnya. Artis papan atas kerap menjadi gimmick untuk mengundang masyarakat datang keacara yang diadakan rutin di bulan Juni-Juli tiap tahunnya.

Saat ini Anda dapat membeli tiket masuk ke acara PRJ melalui loket JIExpo Kemayoran dan halaman resmi online Jakarta Fair.

Baca juga:
BATIQA Hotels
Share this:

READ MORE

EXPLORE OTHER GUIDES & STORIES
Hotel Di Cikarang Dengan Konsep Indonesia Banget!
"Batiqa Hotel Jababeka Cikarang memiliki konsep benar-benar Indonesia banget. Jadi ketika masuk ke Batiqa Hotel Jababeka Cikarang nuansa etnik Indonesia sendiri terasa, dari ornamen kayunya, terus kemudian ada ornamen hiasan interior gambar-gambar batik, kemudian beberapa kain batik yang dijadikan interior baik itu di lobi, restoran, hingga ke kamar," kata Sumargo kepada Koran Jakarta.
READ MORE
Ikan Pindang Patin
Palembang's local cuisine has an impressive seasoning. At first glance pindang patin looks no different from another pindang originating from Betawi
READ MORE
The Variety of Popular Indonesian Batik
Batik is one cultural heritage that Indonesia has. The UNESCO has confirmed batik as a Humanitarian Heritage for Oral and Non-Cultural Culture on October 2, 2009.
READ MORE
JOIN OUR MAILING LIST
Be the first to know about our exclusive offers, news, and events!
FOLLOW US