7 Tradisi Unik Ramadhan di Dunia

Ramadhan BATIQA Hotels

Bulan Ramadhan adalah momen yang spesial bagi masyarakat Indonesia. Selain penuh berkah, kesempatan bersilahturahmi dengan sanak keluarga menjadi aktivitas yang menghangatkan hati.

Nah, kebiasaan yang dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia saat Ramadan bervariasi, mulai dari makanan hingga durasi berpuasa. Ingin tahu fakta unik Ramadan dari berbagai negara? Yuk ikuti baca artikel berikut

1. Waktu Puasa Terlama

Ibadah puasa yang dilakukan oleh umat Islam di Kanada mencapai 19 jam sehari. Khususnya di kota Edmonton waktu puasa dikota ini mencapai 20 jam dalam sehari, dengan 4 jam waktu berbuka dan sahur. Tidak lupa ditengah-tengah 4 jam tersebut umat Islam di Kanada menjalankan ibadah sholat sunnah Terawih.

2. Pulang ke Kampung Halaman 

Mudik adalah tradisi masyarakat Indonesia saat pulang ke kampung halaman yang menyertai bulan Ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri. Bahkan, pulang kampung menjadi tradisi tahunan yang mengakar di masyarakat.

Pada akhir bulan Ramadhan media-media nasional akan dipenuhi dengan pemberitaan kegiatan mudik. Pulang kampung yang dilakukan oleh semua lapisan masyarakat di Indonesia ini mampu mengerakan industri daerah dan memutar roda ekonomi Indonesia.

Selain memutar roda ekonomi, mudik juga meperdalam silaturahmi antar keluarga dan kerabat.

3. Sejuta Lampu

Umat Muslim di Kairo, Mesir menyambut Ramadhan dengan memegang lampu Fanus (lampu tradisional Kairo) dirumah mereka. Tradisi memasang lampu ini sudah di mulai sejak Dinasti Fattimiyah, Anda pasti takjub saat berkunjung ke Kairo dibulan Ramadhan. Pemandangan Indah penuh warna warni lampu menghias kota tersebut.

4. Dorayaki dan Gorengan

Tidak beda dengan Indonesia, Jepang mempunyai kebiasaan makan-makanan manis dan gorengan saat berbuka. Salah satu makanan favorit yang menjadi menu buka puasa adalah Dorayaki. Para umat Muslim Jepang juga biasanya membentuk semacam panitia Ramadan yang bertugas untuk menyusun kegiatan selama bulan Ramadan di Japan Islamic Centre.

5. Buka Puasa Dengan Dentuman Meriam

Tanda waktu berbuka puasa adalah Adzan Magrib, ternyata di Arab Saudi terdapat kebiasaan unik saat menyambut bulan Ramadan, yaitu “Meriam Ramadhan“. Meriam ini digunakan untuk mengumumkan tanda masuknya bulan suci Ramadan, tanda berbuka, tanda sahur, tanda waktu Imsak, dan masuknya tanggal 1 Syawal. Namun tradisi ini berakhir 9 tahun yang lalu di Arab Saudi.

6. Weker Genderang

Sahur menjadi kewajiban bagi semua muslim, Turki memiliki cara unik untuk membangunkan warganya untuk bersantap sahur. Sebelum Sahur dimulai, para penabuh genderang akan berjalan berbaris untuk membangunakan orang-orang dari tidur mereka. Tradisi ini masih berjalan sampai saat ini, lumayan ya menghemat baterai wekker.

7. Siapkan Permen Untuk Anak-Anak

Di Qatar terdapat tradisi Festival Garangao, yang menandakan bahwa Ramadhan sudah mencapai hari ke-15. Anak-anak akan melakukan pawai dengan mengenakan pakaian tradisional, mereka bernyanyi sepanjang jalan dan mengunjungi rumah penduduk. Jika Anda kebetulan berada di Qatar, jangan lupa untuk memberikan permen kepada anak-anak yang datang ke tempat tinggal Anda ya.

Tradisi umat Islam di dunia berbeda-beda saat menyambut bulan Ramadhan, tapi tetap menjalankan ibadah dengan khusyuk. Apakah Anda tertarik mengujungi salah satu negara ini? 

Tips Hemat Memesan Kamar Hotel Ala BATIQA

Hotel Di Cikarang Dengan Konsep Indonesia Banget!

Makna Tersembunyi di Balik Tari Topeng Cirebon

BATIQA Hotels
Share this:

READ MORE

EXPLORE OTHER GUIDES & STORIES
Mengapa Surabaya Semakin Diminati Wisatawan Domestik?
Kota Surabaya memang punya segudang keistimewaan yang memikat wisatawan domestik. Apalagi kini ada BATIQA Hotel Surabaya dengan fasilitas istimewa.
READ MORE
The Variety of Popular Indonesian Batik
Batik is one cultural heritage that Indonesia has. The UNESCO has confirmed batik as a Humanitarian Heritage for Oral and Non-Cultural Culture on October 2, 2009.
READ MORE
Sejarah Karawang dan Kemerdekaan Republik Indonesia
Karawang memiliki sejarah penting yang berkaitan erat dengan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Simak sejarah lengkapnya di sini!
READ MORE
JOIN OUR MAILING LIST
Be the first to know about our exclusive offers, news, and events!
FOLLOW US