10 Resolusi Tahun Baru Paling Umum (dan Cara Menindaklanjutinya)

Setiap tahun, jutaan orang membuat resolusi Tahun Baru, berharap memicu perubahan positif. Tema yang berulang setiap tahun mencakup pendekatan yang lebih aktif terhadap kesehatan dan kebugaran, peningkatan keuangan, dan mempelajari hal-hal baru untuk pengembangan pribadi dan profesional. Kemungkinannya adalah, lebih dari dua dari 10 resolusi teratas yang paling umum akan terlihat familiar bagi Anda:

- Berolahraga lebih banyak

- Menurunkan berat badan

- Terorganisir

- Pelajari keahlian atau hobi baru

- Menjalani hidup dengan baik

- Menghemat lebih banyak uang / membelanjakan lebih sedikit uang

- Berhenti merokok

- Habiskan lebih banyak waktu dengan keluarga dan teman

- Bepergian lebih banyak/ liburan

Wujudkan resolusi Tahun Baru Anda

Terlepas dari niat terbaiknya, begitu cahaya tahun baru yang segar meredup, banyak orang berjuang untuk mewujudkan rencana mereka. 

Jika Anda ingin mewujudkan resolusi Tahun Baru Anda tahun ini, ikuti 10 langkah ini:

1. Persiapkan mental untuk perubahan

Mengubah kebiasaan yang sudah mendarah daging bukanlah tugas yang mudah, jadi sebelum terjun lebih dulu ke tujuan Tahun Baru Anda, penting untuk mengambil langkah mundur dan bersiap untuk perubahan yang akan datang itu.

Terobosan pertama dalam perubahan adalah melakukan inventarisasi pribadi. Karena ini adalah akhir dari satu tahun dan awal tahun berikutnya, ini adalah waktu yang tepat untuk mencatat pencapaian tahun lalu. Pikirkan hal-hal berikut:

1. Apa yang ingin saya lakukan di tahun lalu?

2. Di mana saya membuat kemajuan?

3. Di mana saya tidak melihat kemajuan?

Secara alami, resolusi Anda mungkin berfokus pada area yang kurang kemajuannya, tetapi jangan lupa untuk menikmati kemajuan yang dibuat dan temukan cara kecil untuk merayakannya. Perasaan bahagia itu berguna! Jika memungkinkan, coba kaitkan dengan objek atau kata yang berkaitan dengan pencapaian Anda.

Anda pasti ingin tetap optimis dengan resolusi baru Anda, sehingga Anda dapat menggunakan asosiasi positif tersebut dengan pencapaian tahun lalu untuk mengingatkan Anda tentang perasaan baik itu saat Anda merasa tertantang.

Saat Anda mulai memikirkan tentang perubahan yang ingin diterapkan, pastikan untuk melakukan hal berikut:

- Tetap positif

- Cobalah untuk tidak membuat perubahan besar/cepat

- Perubahan harus bertahap

- Membangun perubahan yang lebih kecil

- Berikan sedikit ruang untuk kesalahan

2. Tetapkan tujuan yang memotivasi Anda

Anda akan terkejut betapa seringnya orang menetapkan tujuan yang bukan untuk dirinya sendiri. Sasaran ini dapat didikte atau dipaksa oleh manajer, pasangan, atau tekanan orang tua/teman sebaya.

Meskipun bagus untuk memiliki beberapa dukungan eksternal, jika Anda tidak memiliki minat yang sama, resolusi memiliki peluang kecil untuk berhasil dan bahkan bisa mati saat tiba.

Untuk melakukan ini, Anda perlu memastikan tujuan yang Anda tetapkan penting bagi Anda dan hanya Anda dan ada nilai atau manfaat bagi Anda dalam mencapai tujuan tersebut. Dua hal inilah yang akan memberikan alasan dan kemauan untuk bertindak. Ini juga dikenal sebagai motivasi!

Jadi, ini taruhan yang aman jika resolusi Anda selaras dengan yang berikut:

- Tujuan Anda

- Prioritas Anda

- Mimpi Anda

- Aspirasi Anda

Anda tidak hanya harus menyelaraskan keinginan terdalam Anda, tetapi Anda juga harus memastikan resolusi selaras dengan prioritas utama Anda. Ini akan mengarah pada sikap "harus melakukan".

Jika sasaran Anda berpusat pada karier, seperti meningkatkan keterampilan Excel Anda, membuat rencana pengembangan profesional Anda sendiri adalah cara yang bagus untuk tetap termotivasi di jalur menuju sasaran Anda.

3. Batasi resolusi hingga jumlah yang dapat dikelola

Kesalahan umum dalam pengaturan resolusi adalah memiliki terlalu banyak. Kita semua ingin mempelajari 25 bahasa berbeda, 15 keterampilan kerja baru, dan menghilangkan 5 kebiasaan buruk, tetapi kita bukanlah pahlawan super. Kami hanya memiliki begitu banyak rentang perhatian yang dapat kami dedikasikan untuk perbaikan diri, jadi memiliki terlalu banyak resolusi adalah cara yang bagus untuk tidak mencapai banyak tujuan yang telah Anda tetapkan untuk diri sendiri.

Dengan demikian, Anda harus membuat daftar pendek resolusi yang dapat Anda kelola di tahun mendatang. Mengetahui bahwa daftar prioritas yang singkat adalah bagian yang sulit. Kuncinya di sini adalah memahami bagaimana memprioritaskan.

Berikut adalah latihan yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda mengetahui apa yang paling penting dalam hidup Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah kertas tempel, pulpen, dan dinding.

1. Tulis apa pun yang ingin Anda capai untuk tujuan peningkatan diri di post-it

2. Setiap post-it hanya mendapat satu taktik rahasia

3. Tempatkan setiap post-it di dinding

4. Gunakan post-it sebanyak mungkin

5. Kelompokkan post-it yang serupa

6. Tempatkan topik yang sangat Anda sukai di bagian atas dinding

7. Tempatkan topik yang menurut Anda "okay" di bagian bawah

8. Luangkan banyak waktu untuk memikirkan urutan 3-5 pertama post-it

Seperti yang Anda duga, No 8 adalah yang paling memakan waktu karena akan menentukan resolusi apa yang akan Anda ambil tahun ini.

Bagian terakhir dari teka-teki di sini adalah mengetahui batasan dan bandwidth pribadi Anda. Dengan mengingat hal itu, Anda harus fokus pada prioritas utama sambil menyeimbangkan seberapa banyak perhatian yang dapat Anda curahkan secara jujur untuk sebuah resolusi.

Pemikiran terakhir: Lebih baik menangani satu resolusi dengan baik daripada beberapa resolusi dengan buruk.

4. Jadilah spesifik

Kerangka penetapan tujuan SMART dapat membantu Anda menyusun tujuan yang lebih baik.

Sasaran SMART adalah:

Specific - Artikulasikan resolusi sejelas mungkin. Misalnya, berhenti merokok lebih baik daripada sehat. Meskipun "sehat" itu bagus, kata-katanya dapat diartikan dalam banyak hal.

Measurable - Hitung resolusi Anda jika memungkinkan, yaitu, saya akan kehilangan 10% dari berat badan saya.

Attainable - Pilih tujuan dalam bidang kemungkinan namun menantang. Mendapat 100 teman tahun ini akan luar biasa tetapi mungkin cukup sulit dilakukan. Di sisi lain, mendapatkan 10 teman baru bisa dilakukan.

Relevant - Tetap relevan dengan prioritas dan tujuan Anda. Lihat bagian motivasi di atas!

Time - Beri diri Anda kerangka waktu untuk mencapai tujuan. Tenggat waktu akan menanamkan urgensi dan memberikan waktu ketika Anda dapat merayakan kesuksesan Anda.

5. Pecah tujuan besar menjadi tujuan yang lebih kecil

Banyak dari kita cenderung terlalu bersemangat dan muluk-muluk dalam hal resolusi. Kami memiliki niat terbaik dan mungkin secara tidak sengaja mengambil tujuan yang terlalu besar untuk dicapai. Oleh karena itu, sangat membantu untuk membagi tujuan besar menjadi tujuan yang lebih kecil yang lebih dapat dicapai.

Sekarang membagi tujuan besar lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda membuat tujuan besar Anda lebih dapat dicapai:

- Buat daftar sub-tugas

- Prioritaskan dan pesan mereka

- Gunakan peta visual untuk ditampilkan

- Tetapkan tonggak untuk setiap tugas

- Putuskan berapa banyak waktu yang diperlukan untuk setiap tugas

- Alokasikan sumber daya yang sesuai

- Fokus pada langkah selanjutnya, bukan tujuan besarnya

6. Tuliskan tujuan Anda

Meskipun bagus untuk memiliki tujuan, penting untuk mendokumentasikannya dengan cara tertentu. Berikut adalah enam alasan untuk menuliskan tujuan Anda:

1. Mereka mudah dilupakan. Meskipun itu mungkin tampak konyol, kita adalah manusia, dan manusia mudah teralihkan perhatiannya dan pelupa.

2. Menuliskan resolusi Anda membantu Anda mengklarifikasi apa yang ingin Anda capai. Ini memaksa Anda untuk membuat keputusan dan tepat dengan kata-kata Anda.

3. Menulis membangun niat, tetapi tindakan perlu diambil untuk mencapai resolusi Anda. Memiliki akun tertulis tentang tujuan Anda adalah pengingat yang konstan untuk mengambil tindakan.

4. Tujuan tertulis dapat bertindak sebagai filter dan cahaya penuntun untuk peluang apa yang harus dikejar. Pada hari tertentu, ada sejuta keputusan yang harus dibuat. Jika ragu, lihat tujuan yang telah Anda tetapkan untuk menentukan jalan ke depan.

5. Sasaran yang terdokumentasi akan membantu Anda mengatasi penolakan terhadap kemajuan. Kami menetapkan tujuan untuk bergerak maju, tetapi ada penolakan alami untuk berubah. Sasaran tertulis Anda memacu Anda maju ketika Anda menabrak rintangan atau rintangan.

6. Terakhir, tujuan tertulis adalah pengingat seberapa jauh Anda telah mencapai dan apa yang telah Anda capai. Senang rasanya melihat kembali akhir tahun depan dan mengetahui bahwa resolusi Anda telah membuahkan hasil. Itu alasan untuk membuka botol sampanye itu dan merayakannya.

Berikut adalah beberapa cara Anda dapat mendokumentasikan resolusi Anda untuk tahun baru:

- Tulis mereka dalam jurnal

- Buat draf email untuk diri Anda sendiri

- Simpan di Evernote atau alat pencatat lainnya

- Cetak dan rekatkan ke dinding

7. Bagikan resolusi Anda dengan orang lain

“Jika sebatang pohon tumbang di hutan dan tidak ada orang yang mendengarnya, apakah pohon itu mengeluarkan suara?“

Sangat bagus untuk membuat resolusi untuk diri sendiri dan bahkan mungkin menuliskannya, tetapi jika tidak ada orang lain yang mengetahuinya, mudah untuk melupakan atau bahkan mengabaikannya. Dan ketika Anda tidak mencapainya, tidak ada yang akan memperhatikan atau peduli.

Di sisi lain, rekan Anda yang memutuskan untuk memberi tahu seseorang tentang tujuan mereka merasakan sesuatu yang berbeda. Sekarang setelah mereka mengumumkan tujuan mereka, mereka merasakan kewajiban dan tanggung jawab. Intinya, jika Anda tidak menindaklanjutinya, mereka akan mengecewakan semua orang.

Kedengarannya gila, rasa bersalah ini seringkali lebih kuat daripada motivasi diri. Hasilnya di sini adalah ketika Anda berhasil, orang-orang yang berbagi dengan Anda akan merayakannya bersama Anda!

Jika Anda ingin berbagi tujuan ke tingkat berikutnya, Anda dapat mengatur grup mastermind. Grup mastermind adalah kumpulan orang-orang yang sangat termotivasi yang memiliki tujuan yang sama dan ingin mendorong dan membantu satu sama lain untuk menjadi lebih baik.

Bagaimana cara melakukannya:

1. Temukan beberapa semangat yang sama dengan tujuan yang sama

2. Bertemu secara teratur (mingguan atau bulanan, tergantung pada tingkat komitmen)

3. Bagikan kemunduran dan kemajuan

4. Tetap termotivasi!

Nah, jika Anda tidak punya waktu atau keinginan untuk melakukan hal di atas, cara lain untuk mencapai hasil yang sama adalah dengan membuat postingan Facebook yang menyatakan niat Anda kepada semua teman Anda. Anda bisa bertaruh orang akan mendukung Anda dan bertanya tentang kemajuan Anda sepanjang tahun!

8. Otomatisasi jika memungkinkan

Saat ini, ada sejuta aplikasi dan layanan berbeda untuk membantu Anda menindaklanjuti resolusi Anda. Alat gratis ini dapat membantu memberikan pengingat konstan:

- Google Calendar : Tetapkan rapat berulang yang terkait dengan resolusi Anda, yaitu menjadwalkan sesi olahraga di gym.

- Google Now : Asisten pribadi yang memberikan informasi sesuai kebutuhan Anda.

- Reminder (di iOS) : Siapkan peringatan berwaktu untuk tugas.

- Boomerang for Gmail : Jadwalkan email pengingat untuk Anda sendiri (Freemium).

Di atas aplikasi yang umum digunakan ini, ada juga “daftar tugas“ dan aplikasi manajemen tugas yang memiliki kemampuan untuk menjadwalkan pengingat dan pencapaian. Berikut adalah beberapa pilihan populer:

- Asana

- Trello

- Todoist

- Microsoft To Do

- Omnifocus

- Things

Catatan: Semua aplikasi yang tercantum di atas tidak akan membantu Anda melakukan pekerjaan, tetapi berfungsi sebagai pengingat terus-menerus tentang pekerjaan yang perlu dilakukan.

9. Tinjau resolusi Anda secara teratur

Mari kita hadapi itu, jika Anda tidak memikirkan resolusi Anda secara teratur, Anda tidak akan menindaklanjutinya. Jadi, bagian penting untuk mewujudkan tujuan Anda adalah peninjauan rutin.

Minimal, peninjauan ini harus dilakukan setiap bulan, tetapi semakin sering, semakin baik.

Inilah salah satu cara untuk memasukkan tinjauan sasaran ke dalam rutinitas Anda.

1. Jadwalkan tinjauan "gambaran besar" bulanan selama minggu pertama setiap bulan. Ini akan berfungsi sebagai rapat perencanaan tempat Anda mendistribusikan tugas dan tujuan yang lebih kecil ke minggu yang berbeda sepanjang bulan.

2. Lakukan check-in mingguan untuk memeriksa kemajuan target bulanan.

3. Setel pengingat harian untuk tugas resolusi yang lebih kecil.

Mungkin tampak sedikit gila untuk memikirkan resolusi Anda setiap hari, tetapi langkah-langkah tambahan yang lebih kecil itulah yang menyebabkan perubahan besar selama satu tahun.

10. Jika Anda keluar jalur, cepatlah kembali

Roma tidak dibangun dalam satu hari.

Kami telah menetapkan bahwa resolusi Anda membutuhkan waktu untuk menjadi kenyataan, dan kami tahu bahwa perubahan itu sulit. Faktanya, kami telah menetapkan bahwa kami harus menyisakan ruang untuk kesalahan dan kemunduran.

Ingatlah ide-ide berikut:

- Melewatkan tugas perantara bukanlah kegagalan total

- Kehilangan sasaran sebesar 10% atau bahkan 80% bukanlah kegagalan total

- Menyelesaikan tugas terlambat bukanlah kegagalan total

- Momen kelemahan tidak ada artinya dalam skema besar

Kemunduran bisa terjadi, tetapi selama ditangani dengan benar, itu tidak akan memengaruhi tujuan besar. Kuncinya adalah untuk menghindari sikap mengalah dengan segala cara, yaitu, "Ya, saya mengacau sekali, mengapa saya harus mencoba melakukan ini lagi."

Dan jika ada kemunduran, penting untuk memahami apa yang menyebabkan momen itu dan bagaimana Anda dapat menghindari situasi serupa di masa mendatang, yaitu, "Jika saya bermain video game setelah bekerja, saya tidak akan pergi ke gym. Jangan main video game sepulang kerja!"

Setelah kesalahan dibuat, miliki dan lanjutkan ke hal berikutnya. Misalnya, jika Anda melewatkan sesi belajar, perbaiki besok, dan teruslah bergerak. Beberapa kesalahan kecil seharusnya tidak merusak resolusi Anda untuk tahun ini!

Pelajari keterampilan baru tahun ini

Kami harap 10 langkah ini membantu Anda menindaklanjuti resolusi Anda dan menjadikannya tahun terbaik Anda.

HOTEL JAYAPURA TERBAIK DEKAT DARI PANTAI HAMADI


Share this:

READ MORE

EXPLORE OTHER GUIDES & STORIES
5 Traditional Cuisine You Have to Try in Pekanbaru
Most recommended traditional cuisine to try!
READ MORE
Indahnya Ulu Kasok, Raja Ampatnya Sumatera
Tak harus jauh-jauh ke Raja Ampat untuk menikmati gugusan pulau indahnya, Ulu Kasok di Sumatera sajikan keindahan yang tak jauh beda!
READ MORE
Megahnya Masjid Agung An-Nur, Taj Mahalnya Pekanbaru
Masjid Agung An-Nur Pekanbaru dianggap sebagai Taj Mahalnya Pekanbaru. Jangan ketinggalan menikmati keindahannya saat berkunjung ke Riau.
READ MORE
JOIN OUR MAILING LIST
Be the first to know about our exclusive offers, news, and events!
FOLLOW US