PALEMBANG
Jl. Kapten A. Rivai No. 219, Palembang, South Sumatera

DIRECTION TO HOTEL

BATIQA Hotel Palembang is located 19 km away from Sultan Mahmud Badaruddin II International Airport. Head southwest on Jalan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II and keep left to continue toward Jalan Gubernur H. Asnawi Mangku Alam. Slightly turn right onto Jalan Tanjung Api- api for 12 km and then turn left onto Jalan Parameswara for 750 meters. Turn right onto Jalan Demang Lebar Daun for 30 meters before turn left onto Jalan Ogan for 550 meters. Pass by simply fresh laundry on the right side and turn left onto Jalan Srijaya Negara and then turn left onto Jalan Kapten A. Rivai. Take another turn left for about 20 meters and the hotel will be on the right.

5 Masjid Bersejarah yang Harus Dikunjungi Saat Bussiness Trip di Palembang

Siapa yang tidak tahu Palembang sebagai salah satu kota wisata yang luar biasa di negeri ini? 

Selain terkenal dengan kulinernya yang khas, yaitu pempek, Palembang juga terkenal karena memiliki banyak masjid bersejarah. Jika waktu Anda terbatas untuk menjelajahi tempat wisata di Palembang, Anda bisa mengunjungi masjid bersejarah yang berada di kota dan sekitarnya. 

Sebelum menjelajahi masjid bersejarah di Palembang, amat penting untuk mengetahui beberapa masjid di kota Palembang memiliki nilai historis yang tinggi sebagai berikut.

1.Masjid Agung Palembang
Berdiri megah di tengah-tengah Kota Palembang, masjid yang memiliki nama lengkap Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II ini terlihat khas karena memiliki desain hasil perpaduan tiga kebudayaan bercorak Indonesia, Tiongkok, dan Eropa. Ciri khas masing-masing budaya tersebut terlihat mulai dari desain eksterior hingga interior masjid ini.

Siapa sangka, ternyata masjid bersejarah ini merupakan pengganti dari masjid agung pertama yang pernah terbakar saat terjadi peperangan melawan Belanda. Meski lokasinya juga berbeda, tetapi masjid yang didirikan oleh Sultan Palembang ini didapuk sebagai masjid agung penggantinya.

2.Masjid Kiai Marogan
Terletak di Jalan Kiai Marogan, Kertapati, masjid bersejarah ini didirikan oleh Kiai Marogan yang merupakan tokoh masyarakat di Palembang. Masjid ini unik karena Kiai marogan mendirikannya di titik pertemuan antara dua sungai, yaitu Sungai Ogan dan Sungai Musi. Selain letaknya, masjid ini punya desain yang khas berupa kubah berbentuk limas dengan plafon masjid yang tinggi. Kubah khas ini ternyata sempat mengalami beberapa kali perubahan bentuk selama renovasi.

3.Masjid Lawang Kidul
Berada di Palembang bagian selatan, Masjid Lawang Kidul punya peranan penting sebagai titik perkembangan agama Islam di area ini. Di masa peperangan menghadapi Belanda, masjid ini sempat dijadikan sebagai markas para pejuang lokal. Hingga saat ini, sebagian besar bangunan masjid masih terjaga keasliannya karena dirawat dengan baik. Hal tersebut menjadi kebanggaan warga sekitar. Hal spesial dari desain masjid ini yang tak boleh Anda lewatkan adalah menara masjid yang punya tiga undakan dengan atap lebar, khas desain ala Tiongkok.

4.Masjid Suro
Tak terlihat tua meski sudah berusia lebih dari seratus tahun, tiap bagian struktur Masjid Suro terlihat kokoh dan terawat. Tiang penyangga masjid yang terbuat dari kayu besar berbentuk silinder yang cukup tinggi sudah ada sejak awal masjid ini dibangun. Selain tiang penyangga tersebut ada juga kolam tempat berwudhu yang merupakan saksi sejarah setiap kejadian di masjid ini. Lainnya, ada pula makam Kiai Delamat yang merupakan pendiri ini. Oleh karena itu, masjid Suro banyak didatangi oleh mereka yang ingin berziarah.

5.Masjid Sultan Agung
Tak ada yang menyangka jika masjid yang terlihat biasa dari luar ini ternyata merupakan lokasi makam dari salah satu Sultan Palembang yang sempat memerintah pada abad 17. Ya, seorang sesepuh bernama Ki Abunawar beserta warga setempat membangun masjid ini secara swadaya untuk makam Sultan Agung Komarudin Sri Teruno. Sampai saat ini, warga masih merawat dengan baik makam tersebut sehingga sering menjadi tujuan ziarah wisatawan lokal maupun luar daerah. Tak hanya berfungsi sebagai obyek wisata, masjid ini juga aktif dalam melakukan berbagai aktivitas keagamaan seperti belajar Quran dan ada madrasahnya pula.

Kelima masjid di Palembang ini cocok bagi siapa pun yang ingin melakukan wisata ziarah di Palembang, termasuk Anda tentunya. Apalagi dengan banyaknya hotel di Palembang yang berkualitas dan nyaman.

Share this:

READ MORE

EXPLORE OTHER GUIDES & STORIES
Pulau Kemaro (Kemaro Island)
Kemaro Island is so named because the island is always dry even at high tide. Set foot on Kemaro Island, you can feel the thickness of Chinese culture through the presence of red Pagoda standing in the middle of the island.
READ MORE
BATIQA Foodprints
Get adventurous with Chef Patrick as he discovers the delicious local cuisine in the neighborhood.
READ MORE
Tips Bepergian di Kota Palembang dengan LRT
Jangan khawatir bila ingin berlibur ke Palembang. Banyak hotel di Indonesia yang mudah diakses di kota tersebut karena terletak dekat dengan stasiun LRT.
READ MORE
JOIN OUR MAILING LIST
Be the first to know about our exclusive offers, news, and events!
FOLLOW US