PALEMBANG
Jl. Kapten A. Rivai No. 219, Palembang, South Sumatera

DIRECTION TO HOTEL

BATIQA Hotel Palembang is located 19 km away from Sultan Mahmud Badaruddin II International Airport. Head southwest on Jalan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II and keep left to continue toward Jalan Gubernur H. Asnawi Mangku Alam. Slightly turn right onto Jalan Tanjung Api- api for 12 km and then turn left onto Jalan Parameswara for 750 meters. Turn right onto Jalan Demang Lebar Daun for 30 meters before turn left onto Jalan Ogan for 550 meters. Pass by simply fresh laundry on the right side and turn left onto Jalan Srijaya Negara and then turn left onto Jalan Kapten A. Rivai. Take another turn left for about 20 meters and the hotel will be on the right.

Rekomendasi Kuliner Palembang Terbaik

Kota Palembang merupakan salah satu surga bagi pencinta kuliner di tanah air. Karena banyak sekali kuliner di Palembang yang siap memanjakan lidah Anda dengan cita rasa rempah berkualitas. Jangan ngaku pencinta kuliner bila belum pernah berkunjung ke Palembang untuk menikmati aneka makanan khasnya.

Kalau Anda berencana mengunjungi Palembang dalam waktu dekat, jangan lewatkan sensasi wisata kuliner dengan menyantap beberapa rekomendasi hidangan berikut ini:

  • Pempek
Menyebut Kota Palembang tentu belum lengkap tanpa membahas pempek. Karena Palembang memang identik dengan pempek. Konon kabarnya, tidak ada pempek yang rasanya tidak enak di Palembang. Karena pempek di kota tersebut dibuat dari bahan baku ikan berkualitas dan tepung sagu yang jumlahnya tidak terlalu banyak.

Variasi pempek Palembang juga sangat beragam. Selain varian populer seperti lenjer, adaan (pempek bulat) dan kapal selam, ada pula pempek lenggang, pistel, model, dan pempek tahu. Semuanya terbuat dari adonan ikan yang dipadukan dengan bahan pelengkap lainnya.

  • Tekwan
Adonan dasar tekwan sebenarnya sama dengan pempek. Namun, tekwan terasa lebih kenyal dan ukurannya lebih kecil. Biasanya tekwan disajikan dengan kuah yang terbuat dari kaldu ikan dan diberi bahan pelengkap berupa irisan bengkuang, jamur kuping, dan sedikit irisan seledri. Kaldu ikan membuat kuah tekwan terasa gurih berpadu dengan sensasi manis dari bengkuang. Tak mengherankan bila kuliner di Palembang yang satu ini membuat banyak orang selalu rindu untuk kembali menikmatinya.

  • Pindang Ikan Patin
Pindang ikan patin merupakan lauk makan khas Kota Palembang yang bercita rasa asam segar. Jenis ikan tersebut memang mudah ditemukan di sungai-sungai Palembang. Ikan patin memiliki tekstur daging dan lemak yang tebal sehingga cocok diolah menjadi hidangan berkuah.
Potongan ikan patin berukuran besar dimasak dengan aneka bumbu seperti cabai, bawang merah, lengkuas, tomat hijau, dan serai. Seporsi pindang ikan patin sangat cocok disantap dengan nasi hangat.

  • Lakso
Ada satu lagi hidangan khas Kota Palembang yang cocok bagi Anda pencinta ikan, yaitu lakso. Lakso adalah sejenis mi putih berukuran besar yang terbuat dari tepung beras. Biasanya lakso disajikan dengan kuah santan kental yang terdiri dari rempah-rempah dan ikan tenggiri giling. Cita rasanya sangat gurih dan kaya aroma ikan segar.

  • Malbi
Bila dilihat sekilas, malbi memang menyerupai rendang daging. Padahal sebenarnya rasa malbi lebih menyerupai semur. Malbi biasanya terbuat dari daging sapi has dalam sehingga teksturnya empuk dan tidak terlalu berlemak. Ciri khas lainnya yang membedakan malbi dengan olahan daging lainnya adalah penggunaan asam jawa sebagai bahan dasar. Biasanya malbi disajikan sebagai lauk nasi minyak bersama aneka jenis lauk lainnya.

  • Nasi Minyak
Nasi minyak berbeda dengan nasi lemak. Hidangan ini terbuat dari bahan dasar berupa beras dan minyak samin. Penggunaan minyak samin membuat aroma nasi menjadi sangat khas. Hingga saat ini, restoran di Kota Palembang hanya menyajikan nasi minyak pada hari Jumat. Karena pada masa kerajaan dulu, kabarnya raja menyantap nasi minyak hanya pada momen tertentu, yaitu setelah ibadah salat Jumat atau pada perayaan istimewa lainnya.

  • Martabak Palembang
Martabak Palembang agak mirip dengan martabak telur biasa. Namun, isiannya bisa berupa daging kambing atau daging sapi. Ciri khas martabak Palembang ialah adanya kuah kari dengan cita rasa rempah yang kuat sebagai pelengkap. Perpaduan martabak telur dan kuah kari menghasilkan sensasi rasa gurih yang istimewa.
 
Kalau Anda berencana melakukan wisata kuliner di Palembang, tentu Anda harus menginap di hotel yang lokasinya strategis. BATIQA Hotel Palembang merupakan salah satu rekomendasi hotel berkualitas yang siap memenuhi kebutuhan Anda. Segala fasilitas lengkap dan suasana yang nyaman akan memanjakan Anda selama berlibur di Palembang. Bersama BATIQA Hotel Palembang, wisata kuliner Anda akan semakin sempurna dan penuh makna disetiap kelezatannya. 

Share this:

READ MORE

EXPLORE OTHER GUIDES & STORIES
Palembang : Akulturasi Tiga Budaya Penuh Nilai Eksotika
Sebelum menikmati perjalanan liburan di Palembang bersama keluarga, yuk cari tahu dulu tentang sejarah, tempat wisata, dan kuliner unik yang berkesan.
READ MORE
Pulau Kemaro (Kemaro Island)
Kemaro Island is so named because the island is always dry even at high tide. Set foot on Kemaro Island, you can feel the thickness of Chinese culture through the presence of red Pagoda standing in the middle of the island.
READ MORE
Ikan Pindang Patin
Palembang's local cuisine has an impressive seasoning. At first glance pindang patin looks no different from another pindang originating from Betawi
READ MORE
JOIN OUR MAILING LIST
Be the first to know about our exclusive offers, news, and events!
FOLLOW US