Apakah Berlibur Dapat Menjadi Pembelajaran yang Baik untuk Anak-anak?

Bukan hanya orang dewasa lho yang butuh liburan. Anak-anak juga butuh liburan sebagai sarana pembelajaran sekaligus refreshing. Saat ini, aktivitas liburan anak-anak kerap dikemas dengan konsep field trip yang sarat pengetahuan. Sehingga wisata bukan sekadar bersenang-senang tetapi juga memberikan banyak manfaat baru bagi si kecil.
Seperti apa konsep wisata yang baik untuk anak-anak?

Mengenal Pentingnya Liburan bagi Anak-Anak
Sekolah memang menjadi tempat utama untuk mendapatkan ilmu dan mempelajari nilai-nilai kehidupan. Namun, anak-anak juga butuh aktivitas lain untuk mendukung tumbuh kembangnya secara maksimal. Itulah yang membuat liburan anak-anak menjadi aktivitas penting yang sebaiknya dilakukan secara teratur.
Pergi berlibur akan membantu anak mengenal dunia luar. Sehingga kegiatan anak tak hanya berkutat di lingkungan rumah dan sekolah. Objek wisata bertema alam dan sejarah mampu memberikan banyak ilmu baru tanpa membuat anak merasa bosan. Sebab suasana baru di tempat liburan akan meningkatkan rasa ingin tahu anak dengan cara yang menyenangkan.

Edukasi Bisa Bersifat Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Sosial
Setiap objek wisata yang diperuntukkan bagi anak tentu memiliki manfaat tersendiri. Ada yang memberikan ilmu pengetahuan. Ada pula yang membuat anak-anak mengenali ilmu sosial dan belajar berinteraksi dengan orang lain. Konsep liburan anak-anak memang harus disusun secara cermat. Supaya anak-anak bisa mendapatkan banyak ilmu baru setelah berlibur.

Membantu Anak Menyalurkan Energi secara Positif
Energi anak-anak yang cenderung besar sering membuat orang dewasa kewalahan menghadapinya. Padahal, aktivitas liburan bisa menjadi salah satu solusi terbaik. Anak-anak yang memiliki energi besar cocok mengikuti kegiatan liburan yang sarat aktivitas fisik dan bernuansa alam. Sehingga anak-anak tersebut tak mudah bosan dan bebas melakukan eksplorasi di tempat wisata.
Penyaluran energi secara positif ini membuat anak berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Bahkan, Anda pun berkesempatan melihat perkembangan potensi anak selama aktivitas liburan berlangsung. Karena biasanya anak-anak yang memiliki energi besar punya kecenderungan di bidang kinestetik. Hal ini jelas berbeda dengan anak-anak yang lebih menyukai ilmu eksakta, bahasa, atau seni.

Tempat Wisata Seperti Apa yang Cocok untuk Anak-Anak?
Beberapa tempat wisata yang wajib masuk ke dalam daftar liburan anak-anak antara lain:

Museum
Mengunjungi museum biasanya membuat anak-anak merasa tertarik dan kagum. Banyak sekali museum yang bisa dikunjungi di sejumlah kota besar di tanah air. Saat berkunjung ke museum, anak-anak bisa mempelajari banyak hal baru mengenai sejarah. Sehingga pengetahuan sosial anak pun semakin bertambah. 

Pusat Observasi Astronomi
Dua pusat observasi astronomi paling terkenal di Indonesia adalah Planetarium Jakarta dan Observatorium Bosscha di Bandung. Ketika berlibur ke tempat yang satu ini, anak-anak akan mendapatkan pelajaran tentang tata surya dan benda-benda langit. Selain berkesempatan mengamati benda langsung secara langsung, biasanya sisi edukasi juga ditampilkan dalam bentuk film dokumenter dan ilustrasi visual berupa foto-foto yang menarik.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
Destinasi liburan anak-anak yang satu ini memang sudah populer sejak lama. Bila berkunjung ke TMII, anak-anak bisa mempelajari keanekaragaman budaya yang ada di tanah air. Selain memiliki berbagai rumah adat khas Indonesia, TMII juga mempunyai banyak museum dan taman yang menarik untuk disinggahi. Anak-anak pasti tidak mudah merasa bosan bila berlibur seharian di TMII.
 
Untuk mendukung aktivitas liburan anak-anak di luar kota, Anda tentu harus teliti memilih penginapan yang nyaman dan punya fasilitas lengkap. Kini, Anda dapat mengandalkan Batiqa Hotels untuk menyempurnakan pengalaman liburan.

Batiqa Hotels kini tersebar di berbagai kota besar di tanah air. Selain menyiapkan fasilitas kamar yang nyaman, ada pula berbagai fasilitas lainnya seperti restoran, ruang meeting, dan gym center. Sentuhan kearifan lokal ala Batiqa Hotels sangat cocok dengan nuansa liburan anak. Bersama Batiqa Hotels, berlibur bersama anak-anak pasti semakin berkesan.

Share this:

READ MORE

EXPLORE OTHER GUIDES & STORIES
Palembang : Akulturasi Tiga Budaya Penuh Nilai Eksotika
Sebelum menikmati perjalanan liburan di Palembang bersama keluarga, yuk cari tahu dulu tentang sejarah, tempat wisata, dan kuliner unik yang berkesan.
READ MORE
Ikan Pindang Patin Palembang, Resep Kenikmatan Dari Tanah Melayu
Salah satu kuliner Palembang yang difavoritkan adalah Ikan Pindang Patin Palembang. Simak resep rahasia untuk mengolah tanpa bau dan anyir.
READ MORE
Rekomendasi Kuliner Legendaris Surabaya Terbaik
Cari kuliner Surabaya tak terlalu sulit. Ini daftar kuliner khas-nya yang harus Anda cicipi.
READ MORE
JOIN OUR MAILING LIST
Be the first to know about our exclusive offers, news, and events!
FOLLOW US