Tips Memilih Koper untuk Business Trip

Perjalanan ke luar kota atau luar negeri tentu membutuhkan perlengkapan wajib berupa koper. Jika Anda melakukan business trip, Anda tentu harus menggunakan koper yang ringkas dan mudah dibawa. Karena koper business trip biasanya memiliki perbedaan dibandingkan koper liburan. Pasti masih banyak orang yang bertanya-tanya, bagaimana cara memilih koper untuk business trip? Pertanyaan tersebut akan terjawab melalui ulasan tips memilih koper business trip berikut ini:

  • Memilih Ukuran Koper Sesuai Kebutuhan
Bila Anda akan melakukan business trip selama kurang dari tiga hari, sebaiknya Anda menggunakan koper sebesar 20 inci. Sehingga koper tersebut bisa dimuat di kabin pesawat secara praktis. Selain itu, banyak hotel di Indonesia yang ukuran kamarnya tidak terlalu besar. Sehingga koper tersebut hanya akan membuat kamar hotel Anda terasa sempit.
Hal ini jelas berbeda dengan koper liburan yang berukuran lebih besar, dengan standar minimal 24 inci. Anda membutuhkan koper besar untuk membawa banyak barang dalam perjalanan yang membutuhkan waktu lama. Jadi, Anda tak butuh koper besar untuk perjalanan bisnis singkat.

  • Utamakan Memilih Koper Hardcase
Harga koper hardcase memang lebih mahal dibandingkan koper biasa. Namun, daya tahannya sangat baik sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang. Proses penanganan bagasi yang kasar tidak akan membuat koper Anda rentan rusak ketika melakukan business trip. Jadi, tak mengherankan bila koper hardcase yang harganya lebih mahal terbukti tahan benturan dan awet hingga puluhan tahun.

  • Memprioritaskan Koper dengan Sistem Lock TSA
Transportation Security Administration (TSA) adalah sistem gembok koper yang digunakan berdasarkan standar internasional. Sistem ini biasanya memiliki gembok khusus yang berlisensi, sehingga dapat dibuka secara mudah oleh kunci master tanpa menyebabkan kerusakan. Tak jarang koper-koper tanpa sistem lock TSA tidak lolos pemeriksaan di bandara. Jadi, jangan sampai business trip ke luar negeri jadi terhambat karena kualitasi koper yang tidak memadai.
Sistem kunci koper yang aman sangat penting untuk melindungi barang-barang bawaan Anda. Mayoritas hotel di Indonesia dan luar negeri memang relatif aman untuk urusan menjaga barang-barang pribadi tamu di kamar. Namun, tak ada salahnya kalau Anda berjaga-jaga menggunakan koper dengan sistem kunci berkualitas agar tidak mudah dibobol.

  • Memperhatikan Jumlah Kompartemen pada Koper
Jangan menganggap remeh kompartemen pada koper Anda. Karena dengan adanya kompartemen tersebut dapat membantu Anda mengelompokkan barang bawaan secara praktis. Sebaiknya Anda memilih koper dengan kompartemen yang banyak, supaya dapat mempermudah Anda dalam mencari barang bawaan yang tercampur sembarangan.

  • Menggunakan Koper yang Ritsletingnya Berbahan Logam
Koper berkualitas biasanya dilengkapi ritsleting logam yang ukurannya cukup besar. Bahan logam tersebut membuat ritsleting tidak mudah berkarat, pecah, atau macet. Sehingga Anda tak akan direpotkan dengan kerusakan koper yang terjadi saat business trip. Selain faktor tersebut, ada baiknya jika ritsleting dapat dihubungkan langsung sebagai gembok, sehingga menambah kepraktisan saat melakukan business trip.

  • Menyiapkan Penanda Khusus untuk Koper
Tak jarang Anda kesulitan menemukan koper di conveyor belt karena ada koper orang lain yang bentuk dan modelnya sama. Namun, Anda tak perlu khawatir dengan masalah ini. Anda bisa mengatasinya dengan cara menandai koper dengan luggage tag atau cover. Pilihlah luggage tag yang bentuknya mencolok atau cover berwarna cerah agar lebih mudah mengenali koper tersebut. Risiko koper tertukar selama melakukan business trip pun dapat diminimalisir dengan baik.
 
Jika koper liburan Anda kurang cocok untuk business trip, mari mencari koper lain yang fungsinya lebih tepat. Perjalanan bisnis yang dilakukan di Indonesia dan luar negeri pun semakin istimewa bersama koper kesayangan Anda.

Share this:

READ MORE

EXPLORE OTHER GUIDES & STORIES
Mount Bromo
As one of the active volcanoes in Indonesia, Mount Bromo offers spectacular views and dramatic landscapes through its dashing peak at 2.329 meters above sea level and its stunning sea of sand area.
READ MORE
Sate Klopo
Klopo is the Javanese term for coconut in English. Sate klopo is a satay that uses coconut in the process of making it.
READ MORE
Menguji Adrenalin di Taman Mekarsari
Taman Mekarsari tak hanya memiliki fasilitas wisata petik buah saja. Anda sekeluarga juga bisa melakukan aktivitas outbound yang menyenangkan di Mekarsari.
READ MORE
JOIN OUR MAILING LIST
Be the first to know about our exclusive offers, news, and events!
FOLLOW US