Pentingnya Liburan Sejarah untuk Anak-Anak

Sekolah bukanlah satu-satunya tempat bagi anak-anak untuk mendapatkan ilmu. Ada banyak cara lain yang tak kalah bermanfaat untuk mendidik anak. Salah satunya adalah aktivitas liburan sejarah yang menyenangkan. Karena momen liburan anak-anak tak selalu identik dengan kegiatan yang buang-buang waktu dan hanya dirumah saja.

Sebelum Anda mewujudkan rencana liburan sejarah bersama anak-anak, yuk simak dulu ulasan berikut ini:


Beragam Manfaat Liburan Sejarah bagi Anak-Anak

Ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh anak-anak bila mengisi waktu liburan dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah. Manfaat tersebut antara lain:

  1. Mempelajari sejarah dengan cara yang nyaman dan menyenangkan.
  2. Secara tak langsung anak-anak juga dididik untuk mengapresiasi para pejuang.
  3. Mengenal perkembangan budaya yang seiring dengan perjalanan sejarah bangsa.
  4. Mendapatkan wawasan baru yang tidak atau belum diajarkan di sekolah.


Menentukan Destinasi Wisata yang Tepat

Bila Anda ingin mengajak anak-anak melakukan aktivitas liburan sejarah, Anda tentu harus menentukan tempat yang tepat. Anda bisa merencanakan kunjungan ke museum, monumen, taman, dan situs-situs peninggalan prasejarah lainnya. Anda harus mencari tahu informasi jadwal kunjungannya terlebih dahulu. Agar rencana liburan berlangsung lancar karena destinasi wisata yang dituju memang terbuka untuk umum.


Memprioritaskan Paket Wisata Edukatif untuk Anak

Saat ini sudah banyak destinasi wisata sejarah yang menawarkan paket menarik untuk pengunjung anak-anak. Hal ini dilakukan dalam rangka menumbuhkan minat anak terhadap sejarah bangsa sejak usia dini. Misalnya, pusat kerajinan batik yang memiliki museum berisi informasi sejarah perkembangan batik di Indonesia.

Selain bisa melihat-lihat perkembangan batik dari masa ke masa, biasanya anak-anak juga bisa mengikuti kursus kilat membatik. Paket wisata edukatif ini pasti disukai anak-anak. Karena anak bisa berpartisipasi langsung dalam kegiatan yang tergolong baru baginya. Buah hati Anda pun akan bangga bila bisa memiliki kain batik pertama hasil kreasinya sendiri.


Mengajarkan Nilai-Nilai Etika pada Anak

Nilai-nilai etika juga menjadi hal penting yang harus dipahami anak-anak. Anda pun bisa menyisipkan nilai-nilai etika dalam aktivitas liburan sejarah anak. Beberapa hal sederhana yang wajib diketahui anak yaitu:

  • Menjaga kebersihan saat berada di tempat wisata.
  • Bersikap sopan kepada orang lain yang lebih tua.
  • Mengontrol sikap agar tetap tenang selama berada di tempat umum.
  • Menggunakan pakaian yang sopan dan rapi saat bepergian
  • Tidak mengambil atau merusak benda apa pun yang bukan milik pribadi.


Pembelajaran tentang nilai-nilai etika akan membuat buah hati Anda tumbuh menjadi pribadi yang sopan, bijak, dan mau menghargai berbagai hal yang ada di sekitarnya.


Bagaimana Caranya agar Anak-Anak Tak Lekas Bosan?

Wisata sejarah yang tak dikemas secara menarik memang rentan membuat anak-anak lekas bosan. Jadi, Anda memang harus menyiasatinya secara cermat supaya anak tetap bersemangat. Cobalah merencanakan aktivitas liburan bertema sejarah bersama sekelompok anak lainnya, misalnya dengan para sepupu atau teman sekolah buah hati Anda. Sehingga anak-anak punya kesempatan berinteraksi lebih banyak dengan teman-teman atau anggota keluarga yang sebaya. 

Jadwal aktivitas anak saat wisata sejarah juga tak perlu terlalu lama, maksimal 2 jam untuk setiap tempat. Durasi wisata yang singkat sangat penting supaya anak tidak mudah bosan. Kunjungan ke tempat-tempat wisata lainnya pasti lebih menggugah semangat anak daripada harus beraktivitas terlalu lama di satu tempat saja.

Sekarang, Anda pasti lebih cermat menentukan destinasi liburan yang tepat untuk anak. Jangan hanya mengajak si kecil mengelilingi pusat perbelanjaan modern saja. Masih banyak tempat wisata sejarah yang menarik dan bermanfaat untuk menambah wawasan buah hati Anda.


Share this:

READ MORE

EXPLORE OTHER GUIDES & STORIES
Sri Indrapura Siak Palace, Official Residence of Sultan Siak Since 1723
Sri Indrapura Palace is the official residence of Sultan Siak. This palace has existed since 1723 which consists of 2 floors which have Arabic, European-style architecture
READ MORE
Staycation Akhir Pekan di BATIQA Hotel Jababeka
Jangan bingung dulu bila tak punya banyak waktu untuk pergi liburan. Nikmati saja staycation seru di BATIQA Hotel Jababeka bersama keluarga.
READ MORE
Kota Surabaya dan Perjuangannya
Surabaya adalah salah satu kota bersejarah yang penuh perjuangan. Simak detailnya yang menggelorakan semangat juang di sini!
READ MORE
JOIN OUR MAILING LIST
Be the first to know about our exclusive offers, news, and events!
FOLLOW US