Mengenal Karakter Traveller Berdasarkan Gaya Liburan yang Dipilih

Setiap orang memiliki preferensi masing-masing terhadap pengalaman berliburnya. Traveller tak hanya menentukan destinasi berlibur di dalam maupun luar negeri. Namun juga memprioritaskan kegiatan inti selama perjalanan, misalnya wisata belanja, sejarah, maupun kuliner.


Gaya liburan secara tidak langsung kerap berkaitan dengan hobi dan kebiasaan. Mau tahu lebih banyak tentang hal tersebut?

Yuk, simak ulasan mengenai karakter traveller berdasarkan gaya liburan yang dipilih.


Backpacker

Jenis traveller yang satu ini memang sudah tidak asing lagi. Anda yang menyukai petualangan tentu cenderung berlibur dengan gaya backpacker. Pada umumnya, backpacker tidak punya persiapan khusus tentang itinerary dan hal-hal teknis lainnya. Para backpacker gemar mengunjungi destinasi wisata bernuansa alam dan sejarah.

Perjalanan yang dilakukan secara spontan dan tidak terencana terasa lebih menyenangkan. Apalagi kini banyak hotel di Indonesia maupun luar negeri menerapkan harga terjangkau bagi para backpacker yang ingin berhemat. Para backpacker yang anti ribet biasanya gemar menjelajahi tempat-tempat baru dengan perbekalan berupa ransel berukuran besar.


Flashpacker

Jika dilihat sekilas, flashpacker memang mirip dengan backpacker. Namun, flashpacker biasanya tidak terlalu memusingkan soal pengeluaran selama berlibur. Para flashpacker juga tetap mengutamakan kenyamanan sehingga barang bawaannya lebih kompleks daripada backpacker. Budget yang cukup besar membuatnya ingin menikmati liburan sesuka hati tanpa arahan tourguide. Bahkan, saat ini banyak para wanita lajang memilih menjadi flashpacker di sela-sela kesibukan kerja atau bisnis.


Solo Traveler

Aktivitas liburan tak harus dilakukan secara bersama orang-orang terdekat saja. Beberapa tahun belakangan ini, semakin banyak orang yang gemar menjadi solo traveler. Bepergian ke kota atau negara lain seorang diri dianggap lebih menyenangkan. Jika menjadi solo traveler, Anda tak perlu membuang banyak waktu untuk berunding dengan orang lain. Sehingga Anda bebas mengunjungi destinasi manapun yang Anda inginkan tanpa harus mempertimbangkan keinginan orang lain.


Cultural Explorer

Seorang cultural explorer sangat senang mengunjungi tempat-tempat yang punya nilai sejarah. Saat berlibur, biasanya traveler ini mengabadikan banyak foto di tempat yang disinggahinya. Foto-foto tersebut kerap diunggah di media sosial dan diberi penjelasan detail tentang latar belakang dan sejarahnya.

Liburan ke tempat-tempat yang memiliki nuansa kearifan lokal terasa spesial bagi cultural explorer. Kalau Anda termasuk jenis traveller ini, pastikan juga untuk memilih Hotel Batiqa sebagai pilihan utama. Karena Hotel Batiqa senantiasa konsisten menonjolkan budaya dan kearifan lokal, dengan pengalaman yang tak terlupakan.


The Foodie

Sesuai dengan namanya, the foodie adalah traveler yang mengunjungi suatu kota atau negara dengan tujuan utama berwisata kuliner. Apalagi saat ini banyak sekali referensi wisata kuliner yang beredar di internet. Mencicipi jajanan kaki lima atau menikmati makanan mewah di tempat mahal adalah pengalaman menarik yang ingin dijajal the foodie.

Tak lupa pula the foodie kerap menyiapkan kamera profesional untuk mengabadikan pengalaman wisata kulinernya di kota atau negara lain. Foto-foto makanan yang ciamik pun mendominasi feed media sosialnya.


The Partier

Ternyata ada pula traveler yang sengaja berkunjung ke kota atau negara lain untuk menikmati event pesta tertentu. Event musik besar, karnaval, atau acara tahunan lainnya selalu berhasil menarik perhatian the partier. Orang-orang yang tergolong dalam kelompok the partier biasanya akan menginap di hotel yang dekat dengan lokasi event. Selain itu, mereka juga tidak terlalu tertarik dengan wisata kuliner atau jalan-jalan ke tempat lain karena fokusnya hanya mengikuti event.


The Techie

Aktivitas traveling memang identik dengan konten-konten berupa foto dan video. Para techie pasti sudah mempersiapkan hal tersebut sesaat sebelum berlibur. Orang-orang yang sangat mengikuti perkembangan teknologi akan menyiapkan kamera profesional beserta aksesorinya dan beragam gadget lain untuk mendukung kesempurnaan liburan.

Karena liburan baru dianggap seru oleh the techie bila berhasil mendapatkan konten baru berupa foto atau video yang luar biasa. Para techie tak akan merasa kerepotan membawa banyak perangkat canggih asalkan tujuan liburannya tercapai.


The Thrill-seeker

Sesuai dengan namanya, traveler yang termasuk the thrill-seeker memang sangat menyukai wisata bernuansa ekstrem. The thrill-seeker pasti meluangkan waktu untuk mencoba olahraga ekstrem atau mengunjungi tempat-tempat wisata yang rutenya menantang. Beberapa jenis olahraga ekstrem yang digemari antara lain paralayang, bungee jumping, dan skydiving. Hal-hal yang memacu adrenaline dianggap sebagai penyemangat baru sebelum kembali ke rutinitas utama.


The Pilgrim

Salah satu ciri khas the pilgrim adalah rombongan remaja pria atau wanita yang traveling bersamaan. Jenis traveler ini biasanya mengunjungi destinasi wisata yang sedang hype, misalnya kafe-kafe atau objek wisata alam baru yang instagramable. Tak hanya itu saja, pilihan hotel tempat menginap pun harus cozy dan instagramable.

Hasrat untuk semakin hits dan punya banyak konten instagramable pun tak sulit diwujudkan saat berlibur ke luar kota. Karena ada banyak hotel di Indonesia yang sudah memahami karakter traveler yang satui ini.


The Pioneer

Tak selamanya para traveler mencari referensi liburan di internet terlebih dahulu sebelum menjalankan rencananya. Nyatanya, banyak juga para traveler yang menjadi the pioneer. Mereka meluangkan waktu untuk menjelajahi alam atau tempat-tempat yang sangat jarang dikunjungi traveler lainnya.

The pioneer kerap menjadi trendsetter lewat unggahan foto atau video menarik di media sosial. Sehingga orang-orang yang melihat konten tersebut jadi tergugah untuk mengunjungi tempat yang sama. Anda harus mempunyai stamina fisik yang kuat dan jiwa petualang sejati bila ingin menjadi the pioneer.


The Chatty

Orang-orang yang senang berbaur dengan orang lain agar punya banyak teman baru adalah ciri-ciri traveler golongan the chatty. Biasanya traveler jenis ini senang berkenalan dengan masyarakat lokal dan mengamati rutinitasnya. Menjelajahi tempat-tempat baru membuat the chatty belajar banyak hal dari hasil interaksi dengan orang lain. Namun, Anda mesti lebih berhati-hati bila Anda tergolong traveler jenis ini. Jangan sampai Anda menjadi korban kriminalitas karena sering berinteraksi dengan orang asing.


The Oblivious

Tipe traveler yang satu ini bisa dibilang cukup menyedihkan. Biasanya the oblivious tidak memiliki keinginan untuk melakukan eksplorasi terhadap tempat wisata apa pun. Mereka hanya datang ke suatu kota atau negara untuk tidur seharian di kamar hotel. Biasanya the oblivious adalah mereka yang lelah bekerja atau berbisnis tetapi diajak ikut berlibur oleh orang-orang terdekat. Akhirnya, liburan hanya diisi dengan aktivitas tidur sepanjang hari karena tidak merasa bersemangat. Di antara kedua belas jenis traveler tersebut, manakah yang paling cocok dengan karakter Anda?


Ke mana pun anda berlibur, pastikan bahwa Anda senantiasa merasa nyaman dan tetap fokus. Untuk mendapatkan pengalaman berlibur terbaik, BATIQA Hotels siap memanjakan Anda dengan pelayanan terbaik dan fasilitas yang istimewa.


Share this:

READ MORE

EXPLORE OTHER GUIDES & STORIES
Kota Surabaya dan Perjuangannya
Surabaya adalah salah satu kota bersejarah yang penuh perjuangan. Simak detailnya yang menggelorakan semangat juang di sini!
READ MORE
5 Recommended Attractions in Pekanbaru
Pekanbaru is an interesting city to explore, there are many places that you can visit on the sidelines of your business trip.
READ MORE
Masjid Agung An-Nur Pekanbaru : Taj Mahal dari Indonesia
Liburan di Pekanbaru belum lengkap jika belum singgah ke Masjid Agung An-Nur. Masjid besar yang bersejarah ini juga mudah diakses dari BATIQA Hotel Pekanbaru.
READ MORE
JOIN OUR MAILING LIST
Be the first to know about our exclusive offers, news, and events!
FOLLOW US