5 Batik Elegan dan Modern yang Cocok untuk Pebisnis

Batik kini tak lagi identik dengan kesan kuno dan ketinggalan zaman. Varian batik yang sangat beragam semakin sering dikombinasikan dengan berbagai model pakaian. Batik Cirebon, batik Pekalongan, dan batik dari daerah-daerah lainnya jadi terkesan semakin elegan dan cocok digunakan para pebisnis.

Di antara sekian banyak jenis batik yang cocok untuk pebisnis, motif batik Cirebon dan empat jenis batik lainnya berikut ini tentu paling pas untuk menyempurnakan penampilan Anda:
1. Batik Papua
Tahukah Anda kalau Papua juga memiliki batik? Kalau batik Jawa biasanya identik dengan warna cokelat, emas, hitam, dan putih, lain halnya dengan batik Papua. Batik asli Papua justru menggunakan warna-warna cerah seperti ungu terang, merah muda, hijau, dan orange. Ciri khas yang menonjol pada batik Papua adalah motifnya asimetris. Unsur budaya Papua ditampilkan melalui cara yang unik, yaitu motif batik cendrawasih, buaya, honai, sentani, dan patung-patung khas Papua. Para pebisnis akan tampil menarik jika menggunakan pakaian dari bahan batik yang satu ini.

2. Batik Bali
Tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, rupanya Bali juga punya batik dengan ciri khas tersendiri. Kini, batik Bali tidak hanya digunakan untuk pakaian tradisional saja, tetapi sudah dikreasikan dengan model pakaian casual dan formal. Pesona alam dan budaya Bali banyak memberikan inspirasi pada motif-motif batik khas Bali. Beberapa motif yang identik dengan batik Bali antara lain singa barong, jagatan pisang (pisang Bali), bunga kamboja, dan Bali buketan (rangkaian bunga).

3. Batik Cirebon
Keberadaan Batik Cirebon memang belum sepopuler batik asal Jawa lainnya. Namun, motif batik Cirebon sebenarnya tak kalah menarik. Batik dari Kota Udang ini tak hanya identik dengan warna cokelat, melainkan juga didominasi warna-warna cerah. Ada dua jenis motif yang identik dengan batik Cirebon, yaitu motif keraton dan motif pesisir. Motif batik Cirebon kental akan nuansa keraton dengan warna-warna cokelat dan emas (sogan dan babar mas). Sedangkan, motif pesisir punya ciri khas berupa warna terang dan gambar-gambar hewan darat maupun laut.

4. Batik Malang
Tak banyak yang tahu kalau Kota Malang juga punya batik khas yang motifnya sangat indah. Salah satu motif batik Malang yang kini sangat digemari adalah bunga teratai. Selain teratai, ada pula motif-motif lainnya seperti kembang tanjung, bambu, dan wayang. Untuk memperkenalkan batiknya ke khalayak ramai, Kota Malang sempat menggelar Festival Batik Ngalam yang menghadirkan 52 perajin batik pada Agustus 2019 lalu.

5. Batik Pekalongan
Membahas tentang batik-batik populer yang cocok digunakan pebisnis tentu belum lengkap jika tidak menyebut batik Pekalongan. Batik ini mengalami perkembangan pesat usai Perang Diponegoro tahun 1830. Motif batik parang dari Pekalongan merupakan peninggalan budaya kerajaan Jawa. Selain itu, batik Pekalongan juga mendapatkan banyak pengaruh dari negara lain seperti Arab, China, India, Jepang dan Belanda. Hal ini terlihat dari beberapa motif batik yang unik, misalnya batik encim, batik pagi sore, batik Jawa Hokokai, serta batik Jlamprang. Sedangkan, batik Pekalongan daerah pesisir menggunakan warna-warna cerah sebagai ciri khas.
 
Jadi, sudahkah Anda menentukan jenis batik yang akan Anda gunakan untuk menunjang penampilan?

Motif batik Cirebon dan batik-batik lainnya yang istimewa pasti membuat Anda tampak memukau jika dipadukan dengan gaya busana yang tepat. Bersiaplah tampil menarik untuk menunjukkan profesionalitas Anda sebagai pebisnis.

Share this:

READ MORE

EXPLORE OTHER GUIDES & STORIES
Sri Indrapura Siak Palace, Official Residence of Sultan Siak Since 1723
Sri Indrapura Palace is the official residence of Sultan Siak. This palace has existed since 1723 which consists of 2 floors which have Arabic, European-style architecture
READ MORE
Taman Bungkul
Taman Bungkul (Bungkul Park) lays on a 900 square meters area and is filled with tall trees and various plants like bintaro, joklan, pagoda, and roses among others.
READ MORE
Way Kambas National Park's Fame as an Elephant Conservation Area
Way Kambas National Park is widely known as a Sumatran elephant conservation site. This area consists of grassland swamp forest, scrub, and coastal forest
READ MORE
JOIN OUR MAILING LIST
Be the first to know about our exclusive offers, news, and events!
FOLLOW US