SURABAYA
Jl. Darmokali No. 60, Surabaya, 60241, Indonesia

DIRECTION TO HOTEL

BATIQA Hotel Darmo - Surabaya located 16 km away from Juanda International Airport. Head east on Jalan Terminal 2 Juanda and turn right after 70 meters. Go straight on and turn right toward Jalan Raya Bandara Juanda for 350 meters. At the roundabout, take the 3rd exit onto Jalan Raya Bandara Juanda. Use the right lane to turn left onto Jalan Letjen S Parman / Jalan Raya Malang - Surabaya. After 90 meters take a sharp right to stay on Jalan Letjen S Parman / Jalan Raya Malang - Surabaya, pass by Ruko Gate Way on the right in 850 meters and keep right to continue on Jalan Jenderal S Parman / Jalan Raya Malang - Surabaya / Jalan Raya Waru. At Bundaran Waru, take the 3rd exit onto Jalan Ahmad Yani / Jalan Frontage Ahmad Yani Siwalankerto. Pass by Hypermart on the left in 350 meter and exit the roundabout onto Jalan Ahmad Yani / Jalan Frontage Ahmad Yani Siwalankerto. Continue straight onto Jalan Frontage Ahmad Yani Siwalankerto / Jalan Raya Malang - Surabaya, pass by Halte RS Bhayangkara on the left. After 2,1 kilo meter take a slight right to stay on Jalan Frontage Ahmad Yani Siwalankerto and make a U-turn after Kospin jasa on the left. Use the left lane to turn slightly left onto Jalan Jembatan Wonokromo. take a turn left onto Jalan Darmokali and pass by Indomaret Darmokali. The hotel will be on the left.

Kota Surabaya dan Perjuangannya

Punya nilai sejarah yang tinggi, tak heran jika Surabaya, Jawa Timur menjadi destinasi favorit bagi wisatawan asing dan domestik. Kota ini tidak sekadar menyajikan keindahan semata, melainkan juga terdapat ragam potret sejarah bangsa dalam memajukan Indonesia. Untuk mengetahui secara lebih detail, yuk, simak fakta-fakta dan perjuangan kota Surabaya dengan lebih dalam lagi.

Sejarah Kota Surabaya
Asal-usul sejarah Kota Surabaya tertua bisa ditemukan di prasasti Trowulan I tertanggal 1358 Masehi, yang  menyebut bahwa Surabaya (Churabhaya) adalah sebuah desa di tepian Sungai Brantas. Meski masih sebuah desa, Surabaya telah menjadi tempat penyeberangan strategis di sepanjang Sungai Brantas.
Ada pula ahli sejarah yang menganggap bahwa Surabaya sudah ada sejak zaman prasasti Trowulan, yaitu dibangun pada 1275 M oleh Raja Kertanegara sebagai pemukiman bagi prajuritnya. Bahkan, ada mitos yang mengatakan bahwa Kota Surabaya dinamai demikian karena adanya pertempuran besar antara Adipati Jayengrono dan Sawunggaling, yang disebut-sebut sebagai peperangan antara Suro dan Boyo.
Namun secara resmi, dalam penetapan hari jadi Kota Surabaya oleh pemerintah, diputuskan bahwa 31 Mei 1293 diperingati sebagai Hari Jadi Kota Surabaya.

Perjuangan Kota Surabaya di Era Kolonial
Tak bisa dipungkiri, Surabaya amat erat kaitannya dengan peristiwa 10 November 1945 yang kini dikenal sebagai Hari Pahlawan. Ya, di hari tersebut, arek-arek Suroboyo berjuang mati-matian untuk melawan pasukan Inggris yang ditunggangi oleh Sekutu ketika agresi militer di Surabaya. Di tengah keterbatasan persenjataan dan keahlian bertempur, arek-arek Suroboyo berjuang gigih untuk mempertahankan kota tercinta.
Setelah berlangsung lebih dari 3 minggu, pasukan Inggris akhirnya berhasil menguasai Surabaya. Meski pertempuran tersebut dimenangkan oleh Inggris, namun dampaknya tak terduga bagi mentalitas bangsa Indonesia. Semangat arek-arek Suroboyo mempertahankan kota tercinta menjadi teladan di berbagai kota lainnya. Setiap perlawanan di kota-kota lain berkaca dari keberanian dan semangat pantang mundur dari arek-arek Suroboyo.

Surabaya Masa Kini
Kini, setelah hampir 74 tahun Indonesia merdeka, Surabaya telah menjelma menjadi kota metropolitan terbesar kedua setelah Jakarta. Suasana Metropolitan sudah sangat lekat pada Surabaya masa kini. Posisinya sebagai ibukota provinsi Jawa Timur menjadikan Surabaya sebagai pusat berbagai aktivitas, mulai dari pemerintahan, bisnis, hingga hiburan.
Keberadaan kantor-kantor pemerintah provinsi di Surabaya tak pelak membuat kota ini menjadi kekuatan politik dan administrasi Jawa Timur. Kebijakan-kebijakan yang berdampak pada masyarakat Jawa Timur secara luas dibuat di sini. Perusahaan-perusahaan besar baik lokal maupun internasional hampir selalu memiliki kantor di Surabaya. Aktivitas keuangan dan bisnis skala besar terjadi di Surabaya. Penggunaan teknologi terkini dan canggih bisa ditemukan di Surabaya.
Tak hanya itu, Surabaya juga menjadi pusat aktivitas budaya dan jadi magnet pariwisata baik internasional maupun domestik. Ada beragam jenis obyek wisata di Surabaya yang bisa Anda kunjungi. Bahkan, Surabaya sudah menjadi destinasi wisata internasional di tanah Jawa.
 
Wisata Surabaya
Bicara tentang pariwisata di Surabaya, ada banyak hal yang terlibat di dalamnya. Secara umum, pariwisata di Kota Surabaya bisa golongkan menjadi tiga, yaitu: wisata alam dan budaya, wisata belanja, dan wisata kuliner. Saking banyaknya obyek wisata yang bisa dikunjungi, berikut ini diantaranya.

Wisata Alam & Budaya
  • Tugu Pahlawan
Saat berkunjung ke Surabaya, Jawa Timur, satu tempat yang tak boleh terlewatkan adalah Tugu Pahlawan. Tugu di Jalan Pahlawan ini bukan sekadar tempat wisata belaka, tapi sebagai pengingat bahwa ada perjuangan bangsa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaannya. Di kawasan ini, terdapat Museum 10 November yang berisi koleksi benda-benda bersejarah yang terkait dengan peristiwa 10 November 1945.

  • Hutan Bambu dan Taman Harmoni Keputih
Area hutan yang asri dan sejuk adalah oase impian di tengah padatnya kota metropolitan seperti Surabaya. Hutan Bambu di Jl Raya Marina Asri, Keputih, adalah tempat terbaik untuk bersantai dan menikmati segarnya udara dengan latar belakang bambu yang instagramable.
Setelah itu, jangan lupa pula kunjungi Taman Harmoni yang ada di dekatnya. Taman ini cocok untuk menghabiskan waktu saat ingin bersantai bersama keluarga. Si kecil pun tak akan pernah bosan karena banyaknya permainan anak yang tersedia di tempat ini.

  • Kebun Binatang Surabaya
Salah satu ikon wisata yang menjadi favorit di Surabaya adalah Kebun Binatang Surabaya. Berlokasi tepat di tengah-tengah Kota Surabaya, Anda bisa merasakan kesejukan udara di tengah pepohonan rindang yang bersih. Terdapat lebih dari 350 spesies hewan yang menjadi koleksi Kebun Binatang Surabaya. Apabila Anda menyukai dunia satwa, Kebun Binatang Surabaya adalah tempat yang tepat untuk bersantai bersama keluarga sekaligus mengedukasi si kecil.

  • Surabaya Carnival Park
Ingin menghabiskan waktu bersama keluarga di playground bergaya modern lengkap dengan berbagai wahana menariknya? Surabaya Carnival Park adalah tempat yang paling tepat untuk dikunjungi. Ada beragam wahana seru seperti roller coaster yang bakal membuat jantung pengunjung berdetak kencang menikmati keseruan tempat ini. 
Ada pula wahana santai untuk si kecil seperti mobil-mobilan dan bianglala. Jika Anda beruntung, Anda bisa menyaksikan parade kostum menarik yang diselenggarakan di tempat ini.

  • Ciputra Waterpark
Jika mencari kesejukan yang sesungguhnya di Surabaya, Ciputra Waterpark adalah pilihan terbaiknya. Berlokasi di pinggiran Surabaya, Taman air ini siap menyegarkan Anda di tengah panasnya Kota Surabaya. Tidak hanya itu, Ciputra Waterpark juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Apabila Anda pergi kesana, pastikan juga untuk mengunjungi wahana Roc Tower, yaitu papan luncur air setinggi 15 meter berkecepatan tinggi.
 
Wisata Belanja
  • Tunjungan Plaza
Menyandang predikat sebagai Mall Terlengkap dan terbesar di Surabaya, Tunjungan Plaza terdiri dari 6 bangunan utama yang saling terhubung satu sama lainnya. Terletak di Jalan Basuki Rahmat, tempat ini merupakan favorit masyarakat Surabaya sejak 1986. Hampir semua brand bermerek ada di sini. Mau sekadar berjalan-jalan dan menonton bioskop pun amat nyaman. Lalu jika sudah lapar, tersedia tempat makan yang melimpah dan lengkap. Semua jenis makanan ada di sini!

  • Pasar Atom
Terkenal sebagai pusat belanja murah, Pasar Atom telah berdiri sejak tahun 1960-an. Berbagai jenis butik dan pakaian ada di tempat ini. Lokasinya yang berada di pecinan, membuatnya mudah ditemukan hanya dengan bertanya pada warga setempat. Buat pecinta belanja, tempat ini merupakan surganya butik di Kota Pahlawan. Bahkan saat ini, ada bangunan baru di sebelahnya yang dikenal sebagai Pasar Atom Mall. Keduanya menjadi lokasi menarik untuk berburu barang incaran!

  • HI tech Mall
Berburu harga miring tidak cuma untuk pakaian saja, ternyata Anda juga bisa berburu elektronik dan gadget dengan harga miring di Hi-Tech Mall Surabaya. Mall ini dikenal karena ketersediaan jenis barang elektronik yang sangat lengkap. Beragam gadget terbaru mulai dari telepon selular, kamera, bahkan laptop maupun PC, semua ada disini. 

Spot-spot pariwisata Surabaya pilihan di atas wajib Anda kunjungi jika Anda sedang berada di Surabaya, setidaknya sekali seumur hidup agar tak menyesal setelah meninggalkan Kota Pahlawan ini. Untuk urusan menginap, tersedia berbagai pilihan hotel berkelas dan nyaman untuk Anda dan keluarga. Salah satu rekomendasi terbaiknya adalah Batiqa Hotel Darmo. Hotel yang berlokasi strategis di pusat kota Surabaya ini siap memberikan pengalaman tak terlupakan. Tersedia juga restoran rooftop dengan pemandangan menakjubkan. Jadi tunggu apalagi? Segera booking kamar istimewa Anda di Batiqa Hotel Darmo dan nikmati serunya berlibur di Surabaya!

Share this:

READ MORE

EXPLORE OTHER GUIDES & STORIES
Tugu Pahlawan Surabaya, Another Way To Enjoy History
Surabaya dubbed as the city of the heroes after the fiery spirit of their ancestor who bravely fought for their long-awaited independence.
READ MORE
Sate Klopo
Klopo is the Javanese term for coconut in English. Sate klopo is a satay that uses coconut in the process of making it.
READ MORE
Taman Bungkul
Taman Bungkul (Bungkul Park) lays on a 900 square meters area and is filled with tall trees and various plants like bintaro, joklan, pagoda, and roses among others.
READ MORE
JOIN OUR MAILING LIST
Be the first to know about our exclusive offers, news, and events!
FOLLOW US