PEKANBARU
Jl. Jendral Sudirman no. 17, Simpang Tiga, Pekanbaru, Riau

DIRECTION TO HOTEL

BATIQA Hotel Pekanbaru is located 1,7 km away from Sultan Syarif Kasim II International Airport. Head north on Jalan Bandara SSK II and then make a U-turn and after going straight on after 250 meters, the hotel will be on your left side.

Lempuk Durian Khas Bengkalis Riau

Riau punya segudang kuliner khas yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga maupun kolega saat Anda bertandang ke sana. Salah satu yang amat wajib untuk dicicipi adalah Lempuk Durian. Penasaran apa itu Lempuk Durian? Yuk, cek selengkapnya berikut ini.

Lempuk Durian, Ikon Khas Kota Bengkalis
Lempuk Durian adalah kudapan manis yang masih sejenis dengan dodol durian. Bagi masyarakat Pekanbaru, Lempuk Durian adalah olahan dodol durian yang menjadi makin istimewa, sebab dicampur  dengan gula merah dalam proses pembuatannya. Sudah bisa ditebak, rasa dan keharuman gula merah yang khas langsung terasa dalam setiap gigitan Lempuk Durian yang ada di mulut Anda.

Meski masih sejenis dengan olahan dodol durian, tetapi ada sedikit perbedaan yang kentara seputar bahan penyusun lainnya. Bila kebanyakan dodol durian diolah dengan mencampurkan ketan dan kelapa, Lempuk Durian sama sekali tidak menggunakan keduanya. Hanya dengan gula merah dan beberapa bahan resep keluarga, Lempuk Durian bahkan juga tidak menggunakan pengawet sama sekali.

Lempuk Durian yang kini menjadi oleh-oleh khas Riau, berasal dari Kota Bengkalis, Riau. Kudapan manis ini mulai dibuat dan dikomersilkan secara luas oleh Selamat alias Ahok, salah satu warga di sana sejak tahun 1991. Munculnya ide untuk mengomersilkan Lempuk Durian tak lain karena durian amat melimpah di Bengkalis. Musim durian yang terjadi dua tahun sekali membuat durian di kota tersebut harganya sangat murah. Bahkan, saat tidak musim durian pun, pohon durian masih berbuah dan selalu ada stok buah durian di kota ini. Karena berlimpah dan murah, maka Lempuk Durian dibuat untuk meningkatkan nilai ekonomi durian.

Lempuk Durian Dibuat dengan Cara Tradisional
Membuat Lempuk Durian tidak terlalu sulit, tetapi memang membutuhkan keahlian khusus dan resep istimewa untuk menghasilkan lempuk yang khas. Cara membuatnya bahkan bisa Anda coba di rumah. Pertama, siapkan durian, gula merah, dan garam secukupnya. Campur ketiga bahan tersebut dan masukkan ke dalam kuali di atas api sedang. Aduk-aduk terus hingga lempuk mengental. Biasanya dibutuhkan waktu kurang lebih 4 jam untuk menghasilkan Lempuk Durian yang lezat.

Awalnya, warga Bengkalis membuat dan memasarkan Lempuk Durian hanya di Kota Bengkalis dan sekitarnya saja. Seperti yang dilakukan Ahok, ia menjual Lempuk Durian secara kiloan ke toko makanan. Lalu, toko makanan mengemas lempuk tersebut dan menjualnya dengan merek dagang sendiri.

Seiring dengan berjalannya waktu, Lempuk Durian makin dikenal masyarakat dan makin tersebar ke kota-kota lain, hingga sampai ke Pekanbaru, Riau. Tak hanya itu, wisatawan pun mulai mengenal Lempuk Durian sebagai kudapan khas asal Riau. Kini, Lempuk Durian jadi salah satu oleh-oleh khas yang tidak boleh Anda lewatkan.

Tentunya Anda tak perlu bersusah payah untuk membuat Lempuk Durian sendiri ya. Anda bisa menemukannya di berbagai toko makanan selama berada di Riau. Tak perlu khawatir soal rasa, umumnya pembuat Lempuk Durian sudah ahli dan memahami kudapan tradisional mereka tersebut, sehingga rasa tak jauh berbeda antara satu merek dengan lainnya.

Selain banyak dijual di Pekanbaru, Bengkalis, dan banyak kota lainnya di Riau, ternyata kini sudah lebih mudah lagi untuk mendapatkan Lempuk Durian khas Bengkalis ini. Anda tak perlu jauh-jauh ke Riau jika kangen dengan rasa Lempuk Durian. Ya, di berbagai e-commerce modern, sudah banyak penjual Lempuk Durian yang menjual kudapan manis ini secara online. Jadi, tak ada alasan untuk tak mencicipi kudapan khas Riau yang satu ini, bukan? Selamat mencoba!

Share this:

READ MORE

EXPLORE OTHER GUIDES & STORIES
Mengenal Provinsi Riau dan Sejarahnya
Sebelum mengunjungi Provinsi Riau dan berlibur di Kota Pekanbaru, yuk cari tahu tentang sejarah provinsi ini serta keunikan budaya dan objek wisatanya.
READ MORE
Sri Indrapura Siak Palace, Official Residence of Sultan Siak Since 1723
Sri Indrapura Palace is the official residence of Sultan Siak. This palace has existed since 1723 which consists of 2 floors which have Arabic, European-style architecture
READ MORE
Mengenal Sejarah Melayu Islam di Siak Sri Indrapura
Istana Siak Sri Indrapura di Riau adalah saksi sejarah kejayaan Melayu Islam di masa lalu. Cari tahu lebih dalam objek wisata tersebut di sini!
READ MORE
JOIN OUR MAILING LIST
Be the first to know about our exclusive offers, news, and events!
FOLLOW US