PEKANBARU
Jl. Jendral Sudirman no. 17, Simpang Tiga, Pekanbaru, Riau

DIRECTION TO HOTEL

BATIQA Hotel Pekanbaru is located 1,7 km away from Sultan Syarif Kasim II International Airport. Head north on Jalan Bandara SSK II and then make a U-turn and after going straight on after 250 meters, the hotel will be on your left side.

Lauk Pauk yang Wajib Ada di Nasi Lemak

Nasi lemak merupakan salah satu hidangan khas Melayu yang cita rasanya sedap dan cocok dengan lidah masyarakat Indonesia. Bahan dasar nasi lemak terbuat dari beras yang dimasak bersama santan sehingga teksturnya agak berminyak dan rasanya sangat gurih. Aroma istimewa nasi lemak berasal dari penggunaan beberapa rempah seperti daun pandan, jahe, daun salam, daun jeruk, dan serai.

Tak seperti jenis olahan nasi lainnya, biasanya seporsi nasi lemak disajikan dengan beberapa lauk khas agar rasanya makin sempurna. Beberapa jenis lauk yang wajib ada untuk melengkapi nasi lemak yaitu:

1. Ayam Goreng
Siapa sih yang tak tergoda dengan kelezatan ayam goreng yang kaya rempah dan bertekstur renyah. Ayam goreng yang baru matang dan masih hangat memang merupakan salah satu pelengkap wajib sajian nasi lemak. Ayam goreng untuk melengkapi nasi lemak harus dimasak lama dengan aneka bumbu supaya rasanya lebih istimewa. Biasanya orang lebih menyukai ayam goreng bagian paha karena teksturnya jauh lebih empuk sehingga nasi lemak lebih sering disajikan bersama paha ayam goreng.

2. Ikan Teri dan Kacang
Ikan teri dan kacang akan memberikan sensasi tekstur renyah dan rasa gurih pada nasi lemak. Anda harus menyiapkan ikan teri asin berukuran sedang lalu menggorengnya dengan api kecil hingga matang dan renyah. Anda juga harus menggoreng kacang tanah dengan proses yang sama. Ikan teri dan kacang tanah yang sudah matang bisa langsung disajikan dalam keadaan hangat sebagai pelengkap nasi lemak.

3. Sambal
Sambal untuk nasi lemak memiliki aroma terasi yang sangat kuat karena terasi memang dijadikan sebagai bahan dasar utama sambal yang satu ini. Sambal nasi lemak khas Singapura memiliki sensasi rasa pedas manis yang dominan. Sedangkan nasi lemak khas Indonesia dan Malaysia justru didominasi rasa gurih dan pedas. Perpaduan sambal terasi dan nasi lemak hangat pasti membuat Anda jadi ketagihan.

4. Rendang
Popularitas rendang sebagai makanan lezat asli Indonesia memang tak perlu diragukan lagi. Rupanya rendang juga familiar bagi masyarakat etnis melayu yang bermukim di luar Indonesia. Itulah sebabnya rendang juga populer sebagai lauk nasi lemak. Ada orang yang lebih menyukai rendang ayam, tetapi ada pula yang memfavoritkan daging sapi. Bumbu rendang yang pekat dan gurih membuat nasi lemak terasa lebih enak bila dibandingkan dengan olahan nasi lainnya.

5. Telur
Menyiapkan telur untuk pelengkap nasi lemak tentu tak sulit. Anda hanya perlu membuat telur rebus yang matang sempurna. Telur yang sudah matang kemudian dibelah menjadi dua bagian dan disajikan bersama seporsi nasi lemak. Kesempurnaan rasa nasi lemak pun akan semakin spesial jika dilengkapi telur rebus.

6. Irisan Timun
Seporsi nasi lemak yang gurih belum lengkap tanpa irisan timun. Selain menjadi pelengkap, timun juga bermanfaat menetralkan rasa gurih pada nasi lemak. Pastikan kalau timun yang Anda gunakan masih muda, segar, dan tidak pahit. Kupaslah timun lalu cuci sampai bersih sebelum mengiris dan menyajikannya bersama nasi lemak.
 
Apakah Anda termasuk orang yang menyukai hidangan nasi lemak?
Jika iya, berarti Anda harus menyiapkan agenda berburu nasi lemak favorit saat berlibur ke Sumatera atau luar negeri (Malaysia dan Singapura). Rasakan keistimewaan nasi lemak yang gurih dan berbeda dengan olahan nasi lainnya.

Share this:

READ MORE

EXPLORE OTHER GUIDES & STORIES
Candi Muara Takus, Peninggalan Sejarah Agama Buddha di Riau
Saat berkunjung ke Riau dan bermalam di Pekanbaru, jangan lupa menyempatkan waktu untuk mengunjungi Candi Muara Takus di Kabupaten Kampar.
READ MORE
Sri Indrapura Siak Palace, Official Residence of Sultan Siak Since 1723
Sri Indrapura Palace is the official residence of Sultan Siak. This palace has existed since 1723 which consists of 2 floors which have Arabic, European-style architecture
READ MORE
Mengenal Komplek Candi Muara Takus di Riau
Candi Muara Takus merupakan salah satu objek wisata bersejarah di Riau yang patut dikunjungi. Yuk, sempurnakan liburan Anda bersama BATIQA Hotel Riau.
READ MORE
JOIN OUR MAILING LIST
Be the first to know about our exclusive offers, news, and events!
FOLLOW US