PEKANBARU
Jl. Jendral Sudirman no. 17, Simpang Tiga, Pekanbaru, Riau

DIRECTION TO HOTEL

BATIQA Hotel Pekanbaru is located 1,7 km away from Sultan Syarif Kasim II International Airport. Head north on Jalan Bandara SSK II and then make a U-turn and after going straight on after 250 meters, the hotel will be on your left side.

5 Buah Tangan khas Pekanbaru

Tak hanya dikenal sebagai ibu kota sekaligus pusat bisnis dan kota terbesar di Riau, Pekanbaru juga merupakan tujuan wisata yang menarik untuk Anda dan keluarga. Saat berada di Pekanbaru, tentu tak lengkap rasanya jika tidak membawa buah tangan untuk keluarga dan kerabat terdekat. 

Kota ini memiliki berbagai cendera mata unik dan ramah kantong yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang seperti batik Riau, keripik, dan lainnya. Jika Anda ingin tahu lebih banyak lagi, berikut ini buah tangan khas Pekanbaru yang populer dan wajib Anda jadikan oleh-oleh saat datang berkunjung.

1.Batik Corak Riau
Oleh-oleh pertama yang wajib dilirik oleh siapapun yang berkunjung ke Pekanbaru adalah Batik Riau. Sebagai bagian dari Batik Indonesia yang merupakan hasil karya budaya bangsa, Batik Riau akan sangat menyenangkan menjadi tambahan koleksi batik yang sudah Anda miliki. Dibuat dengan tangan menggunakan lilin cair, motif Batik Riau jauh berbeda dengan motif batik-batik Jawa.

2.Kacang Pukul Bagansiapiapi
Sebagai salah satu jenis makanan favorit untuk snack, kacang sangat direkomendasikan untuk jadi oleh-oleh. Karena itu, Anda bisa memilih Kacang Pukul Bagansiapiapi untuk dimasukkan dalam daftar oleh-oleh Anda. Diproduksi secara turun temurun oleh golongan Tionghoa di Pekanbaru, kacang pukul menghadirkan citarasa gurih dan manis dari kacang yang sudah ditumbuk. Snack khas yang berasal dari Kota Bagansiapapi, Kabupaten Rokan Hilir ini tak hanya disukai wisatawan lokal, tapi juga wisatawan mancanegara.

3.Lempuk Durian
Pernahkah Anda mencoba yang namanya dodol? Lempuk Durian merupakan makanan sejenis yang terbuat dari buah durian. Di Pekanbaru, Lempuk Durian masih dibuat secara tradisional demi menjaga kualitasnya. Sama seperti Kacang Pukul Bagansiapiapi, Lempuk Durian juga sudah merambah konsumen mancanegara dan jadi barang ekspor. Jadi, tak ada salahnya jika Anda membeli beberapa Lempuk Durian untuk oleh-oleh, khususnya untuk dibagikan pada mereka yang gemar makanan manis.

4.Keripik Nanas
Bagi penggemar keripik, mungkin tak akan menemukan keripik dari buah nanas selain di Pekanbaru. Ya, bagi masyarakat sekitar, Keripik Nanas merupakan snack yang punya banyak kandungan vitamin bagi tubuh. Diproses sebagai keripik yang dipotong tipis-tipis dan digoreng kering, Keripik Nanas Pekanbaru punya bumbu khas dari rempah-rempah sehingga terasa gurih dengan gabungan rasa asam dan manis. Keripik Nanas cocok untuk oleh-oleh maupun camilan keluarga baik saat berlibur di Pekanbaru maupun setelah pulang kembali ke rumah Anda.

5.Bolu Kemojo
Buat Anda yang tak suka snack yang digoreng, Bolu Kemojo bisa jadi pilihan tepat untuk dicicip atau dijadikan oleh-oleh. Terbuat dari campuran tepung terigu dengan santan murni yang ditambah dengan air daun suji dan air daun pandan, snack kukus ini adalah snack wajib yang tak pernah absen di setiap acara adat warga setempat. Bahkan dengan berkembangnya zaman dan dunia kuliner, tersedia varian Bolu Kemojo dengan berbagai rasa yang menggugah selera seperti varian keju, kentang, gula merah, kacang hijau, nangka, rempah, dan masih banyak lainnya.
 
Meski masih banyak oleh-oleh dari Pekanbaru lainnya, tetapi kelima oleh-oleh di atas tak boleh terlewat. Mendapatkannya pun mudah, ada banyak pusat oleh-oleh yang dekat dengan hotel di Pekanbaru tempat Anda menginap. Mengajak seluruh anggota keluarga untuk berburu oleh-oleh Pekanbaru bisa menjadi sebuah aktivitas seru yang memberikan pengalaman amat berkesan selama liburan. Selamat menikmati liburan Anda!

Share this:

READ MORE

EXPLORE OTHER GUIDES & STORIES
Perbedaan Nasi Lemak vs Nasi Uduk
Nasi Lemak dan nasi uduk sama-sama jenis nasi gurih, namun punya kekhasan masing-masing. Yuk cari tahu perbedaannya!
READ MORE
Mengenal Provinsi Riau dan Sejarahnya
Sebelum mengunjungi Provinsi Riau dan berlibur di Kota Pekanbaru, yuk cari tahu tentang sejarah provinsi ini serta keunikan budaya dan objek wisatanya.
READ MORE
5 Recommended Attractions in Pekanbaru
Pekanbaru is an interesting city to explore, there are many places that you can visit on the sidelines of your business trip.
READ MORE
JOIN OUR MAILING LIST
Be the first to know about our exclusive offers, news, and events!
FOLLOW US