PALEMBANG
Jl. Kapten A. Rivai No. 219, Palembang, South Sumatera

DIRECTION TO HOTEL

BATIQA Hotel Palembang is located 19 km away from Sultan Mahmud Badaruddin II International Airport. Head southwest on Jalan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II and keep left to continue toward Jalan Gubernur H. Asnawi Mangku Alam. Slightly turn right onto Jalan Tanjung Api- api for 12 km and then turn left onto Jalan Parameswara for 750 meters. Turn right onto Jalan Demang Lebar Daun for 30 meters before turn left onto Jalan Ogan for 550 meters. Pass by simply fresh laundry on the right side and turn left onto Jalan Srijaya Negara and then turn left onto Jalan Kapten A. Rivai. Take another turn left for about 20 meters and the hotel will be on the right.

Indahnya Ulu Kasok, Raja Ampatnya Sumatera

Keindahan Raja Ampat memang sudah kesohor hingga ke luar negeri, tak heran jika banyak orang yang ingin bertandang ke tempat tersebut. Sayangnya, biaya perjalanan wisata ke Raja Ampat tidaklah murah, belum lagi akomodasi dan lain-lain. Alternatifnya, Anda bisa kunjungi Ulu Kasok, sebuah destinasi wisata di Kabupaten Kampar, Riau.

Ya, Ulu Kasok memang bukan Raja Ampat, tetapi destinasi wisata yang satu ini menawarkan keindahan layaknya situs wisata populer tersebut dengan gugusan pulau yang dikelilingi oleh air. Bedanya, jika pulau-pulau di Raja Ampat dikelilingi oleh laut, maka di Ulu Kasok Anda akan menemukan pulau-pulau kecil yang dikelilingi air danau. Dari jauh, Ulu Kasok sangat mirip dengan Raja Ampat yang penuh pulau karang berbalut lautan biru.

Asal-usul Ulu Kasok
Ulu Kasok yang terletak di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau ini sesungguhnya bukanlah pulau sebagaimana Raja Ampat sungguhan. Sejatinya, Ulu Kasok adalah sebuah desa yang ditenggelamkan untuk membuat proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air Kota Panjang. Hasilnya, bukit-bukit karang tampak menyembul layaknya sebuah pulau setelah lokasi tersebut dipenuhi oleh air yang digunakan untuk membuat danau buatan di daerah tersebut. Perbedaan ketinggian antara daerah berbukit dan lembah membuat wilayah ini muncul area-area yang dari jauh terlihat seperti pulau karang di Raja Ampat.

Walaupun Ulu Kasok Kampar bukanlah gugusan pulau sungguhan seperti Raja Ampat, namun tak sedikit wisatawan yang terpukau oleh keindahannya. Area di Puncak ulu Kasok kini menjadi lokasi wisata favorit tempat orang berfoto dan menikmati keindahan alam buatan ini secara maksimal. Tak ada salahnya bukan untuk mendapatkan view ala Raja Ampat dengan budget yang sangat terjangkau?

Perjalanan Menuju Ulu Kasok 
Tidaklah sulit bagi wisatawan untuk menapakkan kakinya di Ulu Kasok Riau mengingat obyek wisata ini hanya berjarak sekitar 15 km dari Kota Bangkinang. Bahkan, untuk Anda yang berasal dari luar Pulau Sumatera, lokasi Ulu Kasok bisa dicapai dengan mudah dari Pekanbaru. Anda bisa memulainya dengan menggunakan pesawat dan turun di Bandara Pekanbaru, lala melanjutkannya dengan menempuh perjalanan darat.

Perjalanan darat dari Pekanbaru menuju Bangkinang akan menempuh jarak sejauh kurang lebih 90 Km, atau sekitar 2 jam perjalanan dengan kecepatan normal. Tak perlu khawatir dengan kenyamanan selama perjalanan karena aksesnya sudah cukup nyaman melewati jalan nasional Pekanbaru-Bangkinang-Payakumbuh. Bagi wisatawan yang berasal dari luar Pulau Sumatra, pemandangan perkebunan sawit dan pepohonan di sisi kanan kiri jalan akan menjadi daya tarik tersendiri yang tak selalu bisa didapatkan di kota asal mereka.

Sesampainya di Ulu Kasok, Anda cukup merogoh kocek Rp 10.000 saja sebagai biaya masuknya. Jika membawa kendaraan sendiri, ada tambahan biaya parkir tentunya. Setelah itu, Anda bisa mulai mendaki menuju puncak Ulu Kasok yang jadi lokasi terbaik untuk mengambil foto. Sebelum bertandang ke tempat ini, ada baiknya Anda mempersiapkan stamina lebih. Untuk mencapai puncak Ulu Kasok, Anda harus berjalan kaki menanjak sejauh kurang lebih 500 meter. 

Hampir semua wisatawan yang datang bertujuan untuk mendapatkan foto dengan background lanskap mirip Raja Ampat ini. Tenang saja, selain berswafoto, ada juga warga lokal yang menawarkan jasa untuk memfoto dengan tarif murah sehingga Anda bisa bebas berfoto sendiri maupun dengan pasangan. Selain itu, Anda juga bisa menyewa speedboat untuk berkeliling danau dan melihat pulau-pulau kecil tersebut dari dekat.

Share this:

READ MORE

EXPLORE OTHER GUIDES & STORIES
Ikan Pindang Patin
Palembang's local cuisine has an impressive seasoning. At first glance pindang patin looks no different from another pindang originating from Betawi
READ MORE
Pulau Kemaro (Kemaro Island)
Kemaro Island is so named because the island is always dry even at high tide. Set foot on Kemaro Island, you can feel the thickness of Chinese culture through the presence of red Pagoda standing in the middle of the island.
READ MORE
Al-Munawar Village
Al-Munawar is one of the oldest Arabic villages in Palembang. Being in the area, you can spot vintage houses that belonged to the Arabic society since 350 million years ago.
READ MORE
JOIN OUR MAILING LIST
Be the first to know about our exclusive offers, news, and events!
FOLLOW US