LAMPUNG
Jl. Jend. Sudirman 140, Pahoman, Tanjung Karang, Bandar Lampung

DIRECTION TO HOTEL

BATIQA Hotel Lampung situated in 26 km away from Radin Inten II International Airport. Head southeast toward Jalan Raya Branti. In 300 meters slightly turn left onto Jalan Raya Branti / Jalan Raya Lintas Timur Sumatera and continue to follow Jalan Raya Lintas Timur Sumatera. After 15 kilo meters, at the roundabout, take the second exit onto Jalan Lintas Barat Sumatera/ Jalan Zainal Abidin Pagar Alam. Exit the roundabout onto Jalan Lintas Barat Sumatera / Jalan Zainal Abidin Pagar Alam. Continue straight and use the right 2 lanes to turn right onto Jalan Raden Intan.After 1,4 kilo meter slightly turn left to stay on Jalan Raden Intan. At the roundabout, take the first exit onto Jalan Jend. Sudirman and continue straight, the hotel will be on the right.

Tips Bisnis Fashion Batik Warisan Budaya Bangsa

Peluang bisnis fashion batik di era modern ini semakin menjanjikan. Kini, batik tak lagi identik dengan pakaian tradisional yang ketinggalan zaman. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengemas batik menjadi pakaian yang menarik dan cocok dipakai siapa pun. Jenis batik Indonesia yang menarik dan sering dikreasikan menjadi aneka model pakaian ialah batik Lampung. Motif batik Lampung memiliki ciri khas yang unik dan menarik dibandingkan jenis batik lainnya.

Selain menjanjikan keuntungan besar, bisnis fashion batik juga dapat membantu melestarikan budaya Indonesia. Sebelum memulai bisnis batik, sebaiknya Anda menyimak beberapa tips efektif ini terlebih dahulu:

Persiapan Modal dan Pengalaman yang Memadai
Hal pertama yang wajib Anda lakukan bila hendak memulai bisnis fashion batik adalah menyiapkan modal dan pengalaman yang memadai. Modal besar saja ternyata belum cukup untuk menunjang kesuksesan bisnis fashion batik. Anda juga harus memiliki banyak pengalaman mengenal jenis-jenis batik dan memilih bahan batik berkualitas. Pengalaman tersebut akan membuat Anda lebih mahir mengelola bisnis dan peka menghadapi kesulitan. Sehingga nanti Anda dapat memastikan bahwa bisnis Anda hanya menyediakan koleksi produk batik bermutu tinggi.

Eksplorasi Jenis Batik Unik dari Berbagai Daerah di Tanah Air
Motif-motif batik populer seperti Batik Pekalongan, Solo, atau Yogyakarta tentu sudah banyak beredar di pasaran. Persaingan bisnis batik semakin ketat jika Anda mengandalkan batik-batik populer. Jadi, alangkah lebih baik kalau Anda melakukan eksplorasi terhadap jenis-jenis batik unik dari berbagai daerah. Indonesia memiliki varian jenis batik sangat beraneka ragam. Beberapa jenis batik unik yang berpotensi mendatangkan keuntungan besar misalnya batik Papua, batik Lampung, batik Betawi, dan batik Bali. Kreasi pakaian dari batik-batik unik tersebut akan tampak eksklusif dan tidak terkesan pasaran.

Memadukan Aneka Motif Batik dengan Model Pakaian Kekinian
Selain menjual beragam kain batik, sebaiknya Anda juga membuat inovasi lain berupa model pakaian kekinian. Saat ini, semua model pakaian bisa dipadukan dengan bahan batik, mulai dari dress, kemeja, polo short,hingga jaket. Perpaduan model pakaian kekinian dengan motif batik unik akan menghasilkan busana yang istimewa dan disukai banyak orang.

Memaksimalkan Sistem Promosi Online
Jangan menganggap remeh sistem promosi online yang bisa dilakukan secara praktis melalui smartphone atau laptop. Karena sistem promosi online dapat memperluas pangsa pasar bisnis Anda hingga ke luar negeri. Sebaiknya Anda lekas membuat akun media sosial saat baru memulai bisnis fashion batik. Manfaatkan akun media sosial tersebut untuk melakukan promosi sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang jenis-jenis batik Indonesia.

Membangun Personal Branding yang Kuat dan Punya Ciri Khas
Di tengah maraknya persaingan bisnis fashion batik, Anda harus membangun personal branding yang kuat supaya bisnis Anda mudah diingat orang. Mulailah dari hal-hal sederhana seperti nama bisnis yang mudah diingat, pangsa pasar yang spesifik, serta inovasi-inovasi yang tidak dilakukan kompetitor. Kalau Anda berhasil membangun personal branding yang punya ciri khas otentik, niscaya bisnis Anda lebih mudah menggaet pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

Memilih Lokasi Bisnis yang Strategis
Selain mengandalkan sistem penjualan online, lokasi bisnis yang strategis juga turut menentukan keberhasilan bisnis batik. Jadi, Anda harus lebih cermat memilih lokasi bisnis di tempat yang potensial, misalnya di pusat perbelanjaan atau ruko yang ada di kawasan permukiman ramai penduduk. Semakin banyak orang yang tertarik mengunjungi lokasi bisnis Anda, maka semakin besar pula peluang untuk meningkatkan omzet bisnis seiring berjalannya waktu.
 
Jangan tunda lagi niat untuk memulai bisnis fashion batik yang sudah Anda rencanakan. Kreasikan aneka batik nusantara menjadi produk siap pakai yang memukau. Para pecinta batik Lampung, batik Papua, dan batik-batik istimewa lainnya sedang menunggu inovasi Anda.

Share this:

READ MORE

EXPLORE OTHER GUIDES & STORIES
Puncak Mas Lampung, Spot Foto Menarik di Area Perbukitan
Kalau Anda sedang berlibur ke Lampung, jangan lupa berkunjung ke kawasan Wisata Puncak Mas yang mudah diakses dan memiliki banyak fasilitas menarik.
READ MORE
A Hidden Gem in Lampung : Gigi Hiu Beach, one Photogenic Beach You Should Visit
Are you an outdoor activity enthusiast and an adventurer at heart? We recommend you to drop a visit to Gigi Hiu Beach in Lampung Province, Sumatera, as it offers a different coastal visiting experience for you.
READ MORE
Pesona Indah Karang Tajam di Pantai Gigi Hiu, Lampung
Ingin menikmati suasana liburan di pantai yang istimewa? Segera lakukan reservasi hotel di Bandar Lampung dan wujudkan rencana liburan ke Pantai Gigi Hiu.
READ MORE
JOIN OUR MAILING LIST
Be the first to know about our exclusive offers, news, and events!
FOLLOW US