CIREBON
Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kesambi Cirebon West Java, Indonesia

DIRECTION TO HOTEL

BATIQA Hotel Cirebon situated 3km away from Cirebon Train Station. There are numerous ways to reach the hotel, guests can choose from hotel pick-up from the station upon request, taxis, and minibuses.

From Cirebon Train Station, head east toward Jalan Siliwangi for about 80 meters, turn right onto Jalan Kartini for about 700 meters. Pass by Grage Shopping Mall on the right and then turn left onto Jalan Cipto Mangunkusumo for about 1km and continue straight a u-turn before Kumon Cipto.

Mengungkap Keindahan Bukit 1000 Bintang

Penatnya kehidupan perkotaan membuat wisata alam tengah naik daun saat ini. Di wilayah Jawa Barat, ada banyak lokasi wisata yang dikunjungi orang untuk melepas penat seperti wisata kota Cirebon, Kuningan, Indramayu, dan lainnya. Tepatnya di Kabupaten Kuningan, ada sebuah spot luar biasa untuk melihat bintang. Kini, tempat tersebut menjadi salah satu obyek wisata populer di Kuningan yang dinamakan Bukit 1000 Bintang. 

Tak kalah dari wisata Cirebon, keindahan Bukit 1000 Bintang terlihat jelas begitu Anda menjejakkan kaki di tempat tersebut. Lanskap rerumputan hijau membentang luas, terlihat indah di pagi dan siang hari. Saat menutup hari, senja memerah indah dan menenangkan saat matahari terbenam. Di malam hari, temaram lampu perkotaan terlihat samar dari jauh, menghadirkan atmosfer keheningan yang memesona. Apabila Anda melongok ke atas, hamparan jutaan bintang terlihat jelas di langit, tentunya saat langit cerah tanpa awan.

Dengan keindahan tersebut, pantas jika Bukit 1000 Bintang kini menjadi salah satu tempat wisata terpopuler. Kalau Anda sedang berada di Kuningan, Jawa Barat, sempatkan diri untuk mengunjungi Bukit 1000 Bintang. Untuk memudahkan Anda, berikut beberapa hal yang perlu diketahui:

  • Lokasi Bukit 1000 Bintang
Lokasi persisnya Bukit 1000 Bintang adalah di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Tak terlalu jauh dari rute kota Cirebon, hanya sekitar 1 jam perjalanan saja. Meski demikian, perjalanannya ternyata tidak mudah, tapi penuh dengan tantangan.
Lanskap indah Bukit 1000 Bintang masih asri, karena medan menuju tempat tersebut tergolong berliku. Untuk sampai kesana, Anda harus menggunakan kendaraan berpenggerak 4x4 yang bisa disewa maupun milik sendiri. Selain itu, bisa pula menggunakan motor cross jika Anda berkenan menggunakan kendaraan beroda dua. 

Sepanjang perjalanan menuju Bukit 1000 Bintang, Anda disuguhi deretan pohon Pinus di kiri kanan yang memanjakan mata, membuat udara terasa sejuk. Seiring mendekatnya Anda menuju bukit, makin terjal pula jalan yang akan dilewati.

  • Aktivitas di Bukit 1000 Bintang
Sebagai salah satu lokasi wisata alam terpopuler, tiket masuk ke Bukit 1000 Bintang tergolong cukup tinggi. Untuk siswa TK hingga SMP, per orang dikenakan retribusi sebesar Rp 50.000. Sementara untuk siswa SMA dan mahasiswa sebesar Rp 75.000, lalu untuk umum sebesar Rp 100.000 per orang. Meski harga tiketnya cukup tinggi, Anda tak perlu ragu karena sudah sangat sepadan dengan apa yang akan Anda dapatkan di sana. 
Anda bebas melakukan apapun yang Anda suka. Ingin duduk-duduk atau tiduran melihat bintang? Bisa kok, tak perlu malu sebab banyak yang juga melakukannya. Anda juga tak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada. Di lokasi wisata ini, tersedia toilet, warung, hingga aula pertemuan. Atau mau nongkrong sambil ngopi? Bisa kok, tak masalah apalagi sambil melihat indahnya bintang di langit.

  • Waktu yang tepat untuk pergi ke Bukit 1000 Bintang
Pada prinsipnya, Bukit 1000 Bintang buka sepanjang tahun. Namun jika Anda bertujuan untuk melihat keindahan bintang, ada waktu-waktu tertentunya. 

Yang paling utama, pastikan Anda datang di musim kemarau. Bulan Juni - Agustus merupakan waktu yang tepat karena berada di puncak kemarau. Di waktu ini, langit beratmosfir cerah dengan cuaca sejuk khas pegunungan, tentu akan sangat memudahkan Anda dalam mengeksplorasi Bukit 1000 Bintang.

Juga jangan lupa membawa teropong bintang. Memang, bintang-bintang terlihat jelas di tempat ini, tapi dengan menggunakan teropong bintang, Anda bisa melihat lebih banyak dan semakin jelas. 
Nah, jika Anda sudah menikmati beragam Objek Wisata Cirebon atau sekitarnya, kenapa tidak berlanjut mengeksplorasi keindahan alam di Kuningan saja seperti Bukit 1000 Bintang agar pengalaman Anda semakin berkesan? 

Share this:

READ MORE

EXPLORE OTHER GUIDES & STORIES
Nasi Lengko, Resep Kearifan Lokal Makanan Khas Cirebon
Nasi Lengko tampak sederhana, namun punya kelezatan luar biasa sebagai kuliner Cirebon istimewa. Cari tahu lebih dalam tentangnya di sini!
READ MORE
Duo Keraton Cirebon: Obyek Wisata Cirebon Populer Bernafaskan Islam
Wisata Cirebon terkenal karena adanya duo keraton Cirebon sebagai salah satu pusat perkembangan Islam nusantara. Cari tahu detail lengkapnya di sini!
READ MORE
Batik Megamendung, Batik Kebanggaan Khas Cirebon
Menjelajah wisata Kota Cirebon tak lepas dari pesona batik megamendung. Pahami selengkapnya tentang batik spektakuler ini di sini!
READ MORE
JOIN OUR MAILING LIST
Be the first to know about our exclusive offers, news, and events!
FOLLOW US