CIREBON
Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kesambi Cirebon West Java, Indonesia

DIRECTION TO HOTEL

BATIQA Hotel Cirebon situated 3km away from Cirebon Train Station. There are numerous ways to reach the hotel, guests can choose from hotel pick-up from the station upon request, taxis, and minibuses.

From Cirebon Train Station, head east toward Jalan Siliwangi for about 80 meters, turn right onto Jalan Kartini for about 700 meters. Pass by Grage Shopping Mall on the right and then turn left onto Jalan Cipto Mangunkusumo for about 1km and continue straight a u-turn before Kumon Cipto.

Empal Gentong Kuliner Unik Khas CIrebon yang Menggoda

Empal gentong adalah salah satu kuliner populer khas Indonesia. Anda yang gemar menyantap hidangan berbahan dasar daging sapi tentu menyukai hidangan yang satu ini. Berbeda dengan soto atau gulai, empal gentong memiliki rasa yang tak kalah sedap dan istimewa.

Ingin tahu lebih banyak informasi tentang empal gentong khas Cirebon tersebut? Inilah ulasannya!

Apa Itu Empal Gentong Khas Cirebon?
Empal gentong adalah hidangan berkuah yang terdiri dari daging sapi, usus, dan babat. Cita rasa hidangan ini sangat khas karena dimasak dalam periuk tanah liat dengan bahan bakar berupa kayu. Aroma empal gentong akan semakin khas jika dimasak dengan kayu pohon mangga.

Ada dua jenis empal gentong, yaitu empal gentong kuah asam dan empal gentong kuah santan. Anda yang kurang menyukai santan bisa memilih empal gentong kuah asam yang cita rasanya segar. Sedangkan Anda yang menyukai cita rasa creamy dapat memilih empal gentong kuah santan.

Membuat Empal Gentong Ternyata Mudah
Proses pembuatan empal gentong ternyata mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Ikuti beberapa langkah ini untuk membuat sajian empal gentong yang nikmat:
  • Anda harus memilih daging sapi bagian sandung lamur atau sengkel. Bagian daging sapi tersebut paling cocok diolah menjadi empal gentong karena tidak terlalu kering (masih mengandung lemak). Jika ingin menggunakan jeroan sebagai bahan pelengkap, Anda harus mencuci dan merebus jeroan sampai matang. Gunakanlah jeroan yang segar supaya tidak menghasilkan bau amis yang merusak cita rasa empal gentong.
  • Sebaiknya Anda merebus daging sapi dan jeroan selama kurang lebih 25 menit supaya teksturnya lebih empuk sebelum dicampur dengan bumbu dan kuah.
  • Bumbu yang digunakan untuk membuat empal gentong adalah bumbu dasar kuning (bawang merah, bawang putih,kunyit) dicampur dengan lengkuas, bunga lawang, kapulaga, serai, dan sedikit kayu manis. Tumislah campuran bumbu tersebut sampai matang dan harum sebelum Anda mencampurkannya dengan daging dan jeroan yang sudah direbus. Jangan lupa menambahkan kaldu sapi secukupnya.
  • Setelah kaldu sapi mulai mendidih, masukkan santan kelapa asli ke dalam masakan Anda. Santan kelapa asli akan memberikan aroma dan cita rasa yang khas pada empal gentong. Kalau Anda membuat empal gentong kuah asam, santan kelapa harus diganti dengan air asam jawa. Jangan lupa menambahkan garam, lada, dan kaldu bubuk.
  • Masaklah empal gentong dengan api kecil sambil terus diaduk. Jika kuahnya sudah mendidih, berarti empal gentong Anda sudah matang dan siap disajikan selagi hangat.

Aneka Menu Pendamping untuk Melengkapi Empal Gentong
Seporsi empal gentong hangat paling cocok disantap dengan nasi, ketupat, atau lontong. Jangan lupa menambahkan irisan daun kucai atau daun bawang dan bawang goreng agar cita rasanya semakin istimewa. Anda juga bisa menambahkan cabai bubuk atau sambal bajak bila menginginkan sensasi rasa pedas pada empal gentong yang Anda santap.
 
Kalau Anda termasuk penggemar empal gentong, tentu Anda tergugah untuk langsung mencicipinya di Cirebon. Anda tinggal mewujudkan rencana liburan ke Cirebon agar bisa langsung menikmati empal gentong di kota asalnya. Kini, banyak hotel Cirebon yang memiliki fasilitas lengkap, salah satunya adalah Batiqa Hotel Cirebon. Hotel Cirebon yang terletak di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo No. 99 ini siap menyempurnakan pengalaman liburan para wisatawan. Lokasi Batiqa Hotel Cirebon sangat strategis sehingga dapat mendukung itinerary dan rencana wisata kuliner Anda.

Rencana liburan singkat ke Cirebon akan berlangsung lancar jika Anda menginap di Batiqa Hotel Group. Bersiaplah menikmati empal gentong hangat khas Cirebon kesukaan Anda.

Share this:

READ MORE

EXPLORE OTHER GUIDES & STORIES
Rekomendasi Kuliner Empal Gentong Terfavorit
Cirebon terkenal akan empal gentong sebagai salah satu makanan khasnya. Berikut ini beberapa rumah makan empal gentong legendaris yang harus dicoba!
READ MORE
Situ Cicerem
The term ‘situ’ is Sundanesse for lake in English. Situ Cicerem is a lake that is well known for its 5 meters deeps crystal clear water, the water is so clear that you can easily see the the fish swimming underneath.
READ MORE
Makna Tersembunyi di Balik Tari Topeng Cirebon
Berlibur ke Cirebon tak lengkap jika belum menyaksikan Tari Topeng Cirebon. Sejarah dan ciri khas tarian tradisional tersebut juga menarik untuk dipelajari.
READ MORE
JOIN OUR MAILING LIST
Be the first to know about our exclusive offers, news, and events!
FOLLOW US