CIREBON
Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kesambi Cirebon West Java, Indonesia

DIRECTION TO HOTEL

BATIQA Hotel Cirebon situated 3km away from Cirebon Train Station. There are numerous ways to reach the hotel, guests can choose from hotel pick-up from the station upon request, taxis, and minibuses.

From Cirebon Train Station, head east toward Jalan Siliwangi for about 80 meters, turn right onto Jalan Kartini for about 700 meters. Pass by Grage Shopping Mall on the right and then turn left onto Jalan Cipto Mangunkusumo for about 1km and continue straight a u-turn before Kumon Cipto.

Rekomendasi Kuliner Empal Gentong Terfavorit

Di samping wisata alam, jenis wisata lain tak kalah serunya jika Anda berkunjung ke Cirebon adalah wisata kulinernya. Salah satu makanan Cirebon yang seringkali jadi buruan penggemar wisata kuliner adalah empal gentong. Bukan Cuma sekadar makanan biasa, empal gentong sudah jadi makanan khas Cirebon yang tak boleh dilewatkan saat Anda berada di Kota Udang ini.

Empal Gentong Cirebon, Kuliner Khas Si Pemanja Lidah
Bagi yang belum tahu betul soal empal gentong, menu ini terbuat dari irisan daging sapi yang dicampur dicampur dengan santan berbumbu, lalu disajikan menggunakan mangkuk tanah liat. Lebih enak lagi dengan irisan daun bawang dan kucai. Empal gentong benar-benar terasa nikmat di mulut.
Bahkan empal gentong tak cuma lezat, tapi ternyata juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Dikatakan bahwa penamaan empal gentong tidak datang begitu saja, melainkan dari alat yang digunakan untuk memasaknya. Ya, pada jaman dahulu, masyarakat belum mengenal yang namanya panci, jadi untuk memasak empal, mereka menggunakan gentong. Dari sinilah nama empal gentong disematkan.

5 Kedai Empal Gentong Paling Populer di Cirebon
Tak ayal, daya tarik empal gentong membuat banyak wisatawan yang pergi ke cirebon meluangkan waktu untuk menikmatinya. Jika Anda punya rencana untuk berwisata kuliner di Cirebon, beberapa rekomendasi restoran empal gentong berikut bisa dipertimbangkan sebagai pilihan.
  • Empal Gentong H. Apud
Berlokasi di Jalan Tujuh Pahlawan Revolusi, Empal Gentong H. Apud terkenal karena keempukan dagingnya dengan bumbunya yang padat. Tersedia juga menu sate kambing, sehingga pelanggan bisa menikmati empal yang dipadukan dengan sate membuat santapan terasa semakin lezat. Kuah Empal Apud terlihat bening jika dibandingkan dengan kuah empal gentong biasanya.

  • Empal Gentong Amarta
Daging empuk dengan bumbu yang benar-benar meresap jadi keistimewaan Empal Gentong Amarta. Didirikan oleh suami istri Solihin dan Emi sejak tahun 1997, empal di Jalan Ir. H. Juanda ini selalu ramai oleh bus-bus wisatawan. Karena letaknya berdekatan dengan Empal Gentong H. Apud, pelanggan sering membanding-bandingkan keduanya. Kuah Empal Gentong Amarta terlihat lebih pekat dari H. Apud. Buat Anda penyuka kuah kental dengan rempah-rempah yang kuat, tempat ini lebih direkomendasikan.

  • Empal Gentong Krucuk
Di Jalan Krucuk, ada Empal Gentong Krucuk yang terkenal karena bumbu yang digunakan benar-benar meresap pada empal dan jeroannya. Pengunjung juga bisa memilih untuk makan di dalam bangunan permanen atau tenda.

  • Empal Gentong Bu Darma
Rasa yang tidak berubah selama lebih dari 10 tahun meski sudah dikelola oleh generasi kedua membuat Empal Gentong Bu Darma selalu ramai dikunjungi pelanggan. Cita rasa yang enak dan tekstur yang lembut pada dagingnya selalu dicari. Makin sedap jika dikonsumsi dengan kerupuk kulit atau kerupuk rambak, Empal Gentong Bu Darma buka mulai pukul 9 pagi di Jalan Diponegoro ini tidak boleh terlewatkan.

  • Empal Gentong Hj. Dian
Tempat parkir luas dan penyajian yang bersih membuat Empal Gentong Hj. Dian terlihat lebih berkelas. Hal tersebut membuat banyak pejabat dan tokoh masyarakat maupun selebriti yang doyan mampir untuk menikmati sepiring empal gentong. Soal rasa, komposisi rempah dan kuah empal di sini punya ciri khas tersendiri.
Empal gentong Cirebon memiliki rasa yang khas dan berbeda dari daerah lainnya. Oleh karena itu, Sempatkan untuk mencicip setidaknya salah satu dari kelima empal gentong populer di atas ya!

Share this:

READ MORE

EXPLORE OTHER GUIDES & STORIES
Situ Cicerem
The term ‘situ’ is Sundanesse for lake in English. Situ Cicerem is a lake that is well known for its 5 meters deeps crystal clear water, the water is so clear that you can easily see the the fish swimming underneath.
READ MORE
Duo Keraton Cirebon: Obyek Wisata Cirebon Populer Bernafaskan Islam
Wisata Cirebon terkenal karena adanya duo keraton Cirebon sebagai salah satu pusat perkembangan Islam nusantara. Cari tahu detail lengkapnya di sini!
READ MORE
Sunyaragi Cave
When visiting Cirebon, spare some time to visit Goa Sunyaragi (The cave of Sunyaragi), the icon of Cirebon’s tourism.
READ MORE
JOIN OUR MAILING LIST
Be the first to know about our exclusive offers, news, and events!
FOLLOW US